Comscore Tracker

Siapa Nurmansjah Lubis yang Dicalonkan Gerindra-PKS Jadi Wagub DKI?

PKS berikan nama baru untuk cawagub DKI pengganti Sandiaga

Jakarta, IDN Times - Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera resmi mengajukan Ahmad Riza Patria dan Nurmansjah Lubis sebagai calon Wakil Gubernur DKI Jakarta yang baru.

Keduanya menggantikan Ketua DPW PKS Jawa Barat Ahmad Syaikhu dan Sekretaris DPW PKS Jakarta Agung Yulianto sebagai cawagub yang telah disepakati sebelumnya.

Lalu, siapa Nurmansjah Lubis sehingga PKS akhirnya mencalonkannya?

1. Anggota DPRD DKI Jakarta sembilan tahun dan menjadi pengusaha

Siapa Nurmansjah Lubis yang Dicalonkan Gerindra-PKS Jadi Wagub DKI?Rapat paripurna DPRD DKI Jakarta (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Nurmansjah merupakan anggota DPRD DKI Jakarta selama sembilan tahun sejak 2004 dan berhenti pada 2013.

Selama menjadi anggota dewan, ia pernah duduk di Komisi D sebagai sekretaris yang membidangi sarana dan prasarana periode 2004-2009 serta Komisi C bidang keuangan pada periode berikutnya.

Sejak 2014 bapak enam anak ini menjadi pengusaha kopi dan properti hingga saat ini. Pada Pemilu legislatif 2019, ia maju dari dapil Jakarta Pusat namun tak lolos ke Kebon Sirih.

Baca Juga: Kenapa Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu Terdepak dari Cawagub DKI?

2. Nurmansjah diusung karena latar belakang pendidikan dan berpengalaman di Jakarta

Siapa Nurmansjah Lubis yang Dicalonkan Gerindra-PKS Jadi Wagub DKI?(Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Muhammad Arifin) IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Ketua fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Muhammad Arifin mengungkapkan bahwa pengalaman sebagai anggota DPRD selama dua periode menjadi salah satu alasan partainya berani mengusung Nurmansjah. Selain itu, PKS juga melihat riwayat pendidikan yang dimiliki pria 55 tahun ini.

"Dia (lulusan) akuntasi, S2 juga akuntansi, pernah juga jadi auditor BPKP Provinsi DKI, jadi pakar dari anggaran. Ini penting untuk proses penganggaran di DKI," jelas Arifin.

3. Nama Nurmansjah dan Riza Patria sudah diajukan ke Gubernur DKI Anies Baswedan

Siapa Nurmansjah Lubis yang Dicalonkan Gerindra-PKS Jadi Wagub DKI?Pimpinan Gerindra dan PKS Jakarta bersama Anies Baswedan (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Pagi tadi, Pimpinan DPD Gerindra DKI Jakarta yang diwakili Ketua Mohammad Taufik dan Syarif serta Pimpinan DPW PKS DKI Jakarta Muhammad Arifin dan Ahmad Yani menghadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Mereka berempat bertemu langsung dengan gubernur di Balai Kota untuk menyerahkan surat resmi yang ditandatangani kedua pimpinan partai. Setelah diterima, Anies akan langsung mengirimkannya ke pimpinan DPRD.

"Surat ini diterima hari ini, maka InsyaAllah akan segera diproses. Kemudian diantarkan langsung ke dewan agar dewan bisa langsung bekerja," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (21/1).

Baca Juga: Ditunjuk Jadi Calon Wagub DKI, Riza Patria Siap Mundur dari DPR

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya