Siwi Widi Akui Terima Rp647,8 Juta dari Anak Terdakwa Korupsi Pajak

Uang dari Frasha sudah dikembalikan ke KPK

Jakarta, IDN Times - Mantan Pramugari Garuda Indonesia, Siwi Widi Purwanti mengakui telah menerima sejumlah transfer senilai total Rp647,85 juta dari Muhammad Farsha Kautsar. Farsha merupakan anak dari terdakwa korupsi Ditjen Pajak, Wawan Ridwan.

Siwi mengatakan ia dikirimi uang sebanyak 21 kali oleh Farsha. Menurutnya, nominal yang dikirim berbeda-beda.

"Seingat saya (ditransfer) sampai Juli 2019," kata Siwi dalam sidang di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Selasa (10/5/2022).

Baca Juga: KPK Panggil Eks Pramugari Garuda Siwi Widi Jadi Saksi di Kasus Pajak

1. Uang dari Frasha sudah dikembalikan ke KPK

Siwi Widi Akui Terima Rp647,8 Juta dari Anak Terdakwa Korupsi PajakEks Pramugari Garuda Indonesia Siwi Widi (IDN Times/Aryodamar)

Siwi mengatakan bahwa uang yang ia terima sudah diserahkan pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sebab, ia sempat diperiksa Tim Penyidik dalam kasus ini.

"Saya pemanggilan (oleh KPK) 2021 kalau tidak salah bulan November, lalu saya kembalikan di akhir November atau awal Desember 2021," ujar Siwi.

Baca Juga: Kasus Suap Pajak, Eks Pramugari Siwi Widi Kembalikan Uang Rp647,8 Juta

2. Siwi Widi merasa diberi uang karena Farsha ingin jadi pacarnya

Siwi Widi Akui Terima Rp647,8 Juta dari Anak Terdakwa Korupsi PajakEks Pramugari Garuda Indonesia, Siwi Widi Purwianti (instagram.com/siwi_sidi)

Perkenalan Siwi dengan anak kandung Alfred bermula ketika Farsha menghubunginya melalui aplikasi pesan singkat. Ia mengaku tak tahu dari mana Farsha mendapatkan nomer teleponnya.

Pada mulanya, Farsha, disebut Siwi, mengenalkan dirinya sebagai anak Anggoat DPR berusia 28 tahun. Namun, ia tidak pernah bertemu atau mengetahui orang tua Farsha.

"Waktu itu Farsha mengenal saya mengaku sudah berusia 28 tahun sebagai pengusaha, bukan mahasiswa. Dia mencoba mendekati saya dan ada obrolan dimana dia mencoba mencari perhatian pada saya dengan membayarkan sesuatu untuk saya," ujar Siwi.

Setelah berkenalan, Siwi merasa Farsha berupaya mendekatinya. Menurutnya, sejumlah uang yang diberikan Farsha merupakan salah satu bentuk perhatian.

Farsha bahkan pernah ikut Siwi terbang ketika bertugas. Namun, ia membantah pernah berpacaran denga Farsha karena merasa hanya teman dekat saja.

"Sebenarnya, waktu itu Farsha meminta saya jadi pasangannya, ya. Tapi waktu itu saya belum paham Farsha, jadi saya agak takut," ungkap Siwi.

Baca Juga: 4 Fakta Siwi Widi, Eks Pramugari yang Diduga Kecipratan Korupsi Pajak

3. Nama Siwi Widi disebutd alam dakwaan Wawan Ridwan

Siwi Widi Akui Terima Rp647,8 Juta dari Anak Terdakwa Korupsi PajakTerdakwa korupsi Ditjen Pajak Wawan Ridwan (IDN Times/Aryodamar)

Aliran uang kepada Siwi terungkap ketika Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membacakan dakwaan. Saat itu Jaksa menyebut bahwa Wawan meminta anaknya yang bernama Muhammad Farsha Kautsar. Kemudian, Wawan meminta anaknya untuk membuat rekening baru, menukar valas, membeli barang, hingga membagikan uang pada sejumlah pihak.

Siwi Widi yang disebut sebagai teman dekat Farsha menerima Rp647,85 juta. Uang itu didapat Siwi melalui transfer sebanyak 21 kali pada rentang waktu 8 April hingga 23 Juli 2019.

Selain mengalir pada Siwi, Farsha juga membeli jam tangan seharga Rp888,8 juta hingga mobil mewah yakni Mitsubishi Outlander dan Mercedes-Benz C300 Coupe senilai total Rp1,3 miliar.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya