Comscore Tracker

Soal Dewan Kolonel, Puan: Insya Allah 2024 Kembali Menang Pemilu

Dewan Kolonel dibentuk untuk kerek elektabilitas Puan

Jakarta, IDN Times - Ketua DPR Puan Maharani angkat bicara soal wacana pembentukan 'Dewan Kolonel' oleh anggota fraksi PDI Perjuangan. Puan meminta seluruh kader partai untuk turun ke masyarakat. 

"Tanggapannya saya minta seluruh struktur, simpatisan, kemudian legislatif, fraksi, dan eksekutif untuk semuanya harus ke lapangan bertemu dengan rakyat," ujar Puan di Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (25/9/2022).

Baca Juga: Manuver Puan Taklukkan Jawa Barat Jelang 2024, Puan Presiden Bergema

1. Puan sebut kader PDIP perlu ke masyarakat supaya menang pemilu lagi

Soal Dewan Kolonel, Puan: Insya Allah 2024 Kembali Menang PemiluKetua DPR RI Puan Maharani ikut tanam bawang di Brebes, Selasa (5/7/2022). (dok. Tim Media Puan Maharani)

Puan mengatakan, kader PDIP perlu terjun ke masyarakat demi menyerap aspirasi. Hal ini perlu dilakukan agar partai Banteng Moncong Putih itu bisa kembali menang dalam pemilu yang akan datang. 

"Jadi apa pun bentuknya, apa pun namanya itu hanya nama yg pasti bagimana kita turun ke lapangan bertemu dengan rakyat merebut hati rakyat dan semua parpol pasti punya cara dan insyallah tahun 2024 itu kembali jadi pemenang pemilu," jelas Puan.

Baca Juga: Ganjar Diuntungkan Dewan Kolonel yang ‘Wangikan’ Puan Maharani

2. Dewan Kolonel dibentuk untuk kerek elektabilitas Puan

Soal Dewan Kolonel, Puan: Insya Allah 2024 Kembali Menang PemiluKetua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar berziarah ke makam mantan Ketua DPR Taufik Kiemas di TMP Kalibata, Jakarta Selatan pada Minggu (25/9/2022) (IDN Times/Aryodamar)

Sebelumnya, politikus PDIP Trimedya Pandjaitan mengakui pihaknya membentuk Dewan Kolonel untuk meningkatkan elektabilitas Puan Maharani menuju ke Pemilu 2024. 

Trimedya mengaku, Dewan Kolonel dibentuk setelah rapat pengarahan Puan Maharani. Dia dan Johan Budi yang ada di ruangan kala itu terpikir bagaimana cara meningkatkan elektabilitas Puan Maharani. 

"Johan Budi bilang, kita loyalis Mbak Puan harus buat sesuatu, dewan kolonel. Kita tunjukan bahwa kita loyalis mbak Puan,” ujarnya di Kompleks Parlemen, Selasa (20/9/2022). 

3. Megawati tidak restui Dewan Kolonel

Soal Dewan Kolonel, Puan: Insya Allah 2024 Kembali Menang PemiluKetua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, tak berkehendak dengan adanya Dewan Kolonel itu. Presiden kelima RI itu disebut kaget dengan munculnya Dewan Kolonel 

"Bahkan tadi pagi pun, Ibu Mega ketika melihat di running text (berita di televisi), pada saat saya laporan ke beliau, beliau juga kaget, dan kemudian ya akhirnya mendapat penjelasan bahwa tidak ada Dewan Kolonel," ujar Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di Sekolah Partai PDIP di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (21/9/2022).

Baca Juga: Fraksi PDIP Bentuk Dewan Kolonel, Khawatir Trah Sukarno Hilang

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya