Soal Formula E, PSI Tuding Pemerintah Pusat dan Anies Ada Kesepakatan

"Saya tidak tahu deal-dealan apa yang terjadi di belakang.."

Jakarta, IDN Times - Fraksi Partai Solidaritas Indonesia DPRD DKI Jakarta heran dengan sikap tak konsisten Komisi Pengarah Kawasan Medan Merdeka khususnya Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) soal izin penggunaan kawasan Monumen Nasional (Monas) untuk ajang balap Formula E.

Sebelumnya Komisi Pengarah sempat melarang penyelenggaraan balap mobil listrik di Monas yang merupakan Cagar Budaya. Namun, kini hal sebaliknya terjadi.

1. PSI curiga ada kesepakatan di balik izin penyelenggaraan di Monas

Soal Formula E, PSI Tuding Pemerintah Pusat dan Anies Ada KesepakatanFacebook.com/AniesBaswedan

Fraksi PSI menuding ada kesepakatan antara pemerintah pusat dan pemerintah provinsi soal lolosnya penyelenggaraan Formula E oleh komisi pengarah kawasan Medan Merdeka. PSI pun tetap konsisten menolak penyelenggaraan balap itu diselenggarakan di Jakarta.

"Saya tidak tahu deal-deal-an apa yang terjadi di belakang. Kita tidak tahu itu, kita tidak ingin menuduh atau mereka-reka dan lain sebagainya," kata Wakil Ketua Fraksi PSI Justin Adrian, Senin (10/2).

Baca Juga: Demi Formula E, Anies akan Temui Jokowi Malam Ini

2. Anies dikabarkan akan temui Jokowi malam ini untuk bahas Formula E

Soal Formula E, PSI Tuding Pemerintah Pusat dan Anies Ada KesepakatanIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga Hari Nugroho membeberkan rencana Gubernur Anies Baswedan untuk bertemu Presiden Joko "Jokowi" Widodo demi memuluskan gelaran Formula E. Hal tersebut diungkapkannya saat ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (9/2).

Hari mengungkapkan bahwa setelah pertemuan dengan Jokowi maka wilayah mana yang akan menjadi lintasan balap akan diputuskan.

"Kita ada beberapa alternatif. Rencananya Insya Allah pak Gubernur mau ketemu pak Presiden, malam ini," ujar Hari.

3. Ada dua opsi rute balap Formula E di Jakarta

Soal Formula E, PSI Tuding Pemerintah Pusat dan Anies Ada KesepakatanInstagram/@aniesbaswedan

Hari menjelaskan saat ini Pemprov DKI Jakarta setidaknya memiliki dua opsi di mana balapan Formula E akan berlangsung pada 6 Juni mendatang. Ia juga memastikan bahwa persiapan Formula E masih tetap tepat waktu.

"Kalau seandainya tidak diperbolehkan di Monas kan di area GBK, tapi kalau diperbolehkan di Monas ya kita tindak lanjuti," jelasnya.

Baca Juga: Sebelumnya Dilarang, Formula E Diizinkan Digelar di Monas

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya