Sosok Sutopo dalam Memori Atasannya: Bekerja dengan Hati

Sutopo menderita kanker paru-paru dan meninggal di Guangzhou

Depok, IDN Times - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo turut hadir saat jenazah Sutopo Purwo Nugroho disemayamkan di kediamannya di Raffles Hills, Depok, Jawa Barat, Minggu (7/7) malam.

Ia mengaku sangat kehilangan sosok Sutopo. Baginya, Sutopo adalah seorang pekerja keras yang bekerja dengan hati.

"Walau bekerja dalam kondisi sangat sakit, tubuh menderita, (Sutopo) tetap bersedia dan bisa menyampaikan pesan-pesan kebencanaan, merangkum info dari sejumlah daerah, masyarakat di daerah, merangkai dalam kalimat-kalimat yang dipublikasikan pada khalayak sehingga masyarakat dapat info akurat," kenang Doni.

Sutopo mengembuskan napas terakhir, Minggu, pukul 02.20 waktu setempat atau pukul 01.20 WIB dalam perawatan di Guangzhou, Tiongkok.

Saat mengembuskan napas terakhirnya, Sutopo didampingi istri, Retno Utami Yulianingsih, keluarga terdekat, dan komunitas warga Indonesia di Guangzhou.

Sutopo didiagnosa menderita kanker paru stadium IVB. Kanker yang dideritanya telah menyebar ke tulang dan beberapa organ vital tubuh.

Sejak Sutopo divonis kanker akhir Desember 2017 lalu, ia masih terus gigih melakukan upaya pengobatan maupun dalam menginformasikan berbagai kejadian bencana yang terjadi di Indonesia, selama 2018 hingga pertengahan 2019.

Baca Juga: Berprestasi Sejak SD, Begini Sosok Sutopo BNPB di Mata Sang Ayah

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya