Stasiun Terpadu Diresmikan, Anies Sampaikan Terima Kasih pada Jokowi 

Menurutnya, stasiun terpadu selesai berkat dukungan Jokowi

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan apresiasinya pada Presiden Joko "Jokowi" Widodo dalam peresmian stasiun terpadu di Stasiun Tanah Abang, Rabu (17/6). Menurutnya, stasiun terpadu bisa selesai berkat dukungan Jokowi sebagai presiden.

1. Sejak 2018, Jokowi telah meminta transportasi Jakarta terintegrasi

Stasiun Terpadu Diresmikan, Anies Sampaikan Terima Kasih pada Jokowi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat bersepeda (IDN Times/Aryodamar)

Anies mengatakan, dalam rapat terbatas yang pada awal 2018, Jokowi menggarisbawahi bahwa transportasi di Jakarta harus terintegrasi dan pengelolaan integrasi itu bersamaan dengan pengelolaan tata ruang sehingga rencana pengembangan transportasi sejalan dengan pembangunan tata ruang.

"Terima kasih dan apresiasi kepada bapak presiden atas dukungan dan arahannya," ujar Anies dalam acara peresmian stasiun terpadu di Stasiun Tanah Abang yang disiarkan YouTube Kementerian BUMN, Rabu (17/6).

Baca Juga: Anies Cerita Bersepeda 19 Km dari Rumah ke Kantor: Rileks Saja

2. Pemerintah pusat dan provinsi bisa berkolaborasi

Stasiun Terpadu Diresmikan, Anies Sampaikan Terima Kasih pada Jokowi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan lakukan peninjauan di Dufan (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Selain Stasiun Tanah Abang, pemerintah pusat dan Pemprov DKI Jakarta juga berkolaborasi merevitalisasi Stasiun Sudirman, Senen, dan Juanda. Anies mengatakan stasiun-stasiun tersebut dapat menjadi lambang integrasi transportasi dan pesan penting bagi warga Jakarta bahwa pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi itu bisa bekerja bersama memfasilitasi seluruh penduduk baik penduduk DKI maupun penduduk luar DKI.

"Karena yang turun di Tanah Abang ini banyak juga kalau secara KTP dari luar Jakarta tapi kita bekerja bersama untuk itu dan ini tidak akan mungkin terjadi bila tidak terjadinya kolaborasi," kata Anies.

3. Menteri BUMN Erick Thohir resmikan stasiun terpadu

Stasiun Terpadu Diresmikan, Anies Sampaikan Terima Kasih pada Jokowi Menteri BUMN Erick Thohir kunjungan kerja ke Bandara Soekarno-Hatta. Dia meninjau dan melihat fasilitas dan perlengkapan upaya pencegahan penyebaran COVID-19 di Bandara Soetta, Rabu (11/3)

Stasiun Terpadu diresmikan di Stasiun Tanah Abang dan Stasiun Sudirman, Jakarta hari ini, Rabu (17/06). Peresmian ini dilakukan Setelah lima bulan penandatanganan kerja sama antara BUMN melalui PT Kereta Api Indonesia dan Pemprov DKI melalui PT MRT Jakarta (Perseroda) mengenai usaha patungan untuk mengelola stasiun terpadu di ibu kota

Peresmian ini dilakukan oleh Menteri BUMN Erick Thohir, Wakil Menteri II BUMN Kartika Wirjoatmodko, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Peresmian Stasiun Terpadu ini menunjukkan telah terbangunnya ekosistem yang sehat antara BUMN, BUMD, dan pihak swasta dalam memberikan layanan transportasi terintegrasi bagi masyarakat," kata Menteri BUMN, Erick Thohir, Rabu (17/6).

Baca Juga: Stasiun Terpadu Diresmikan, Erick Thohir: Transportasi Terintegrasi

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya