Comscore Tracker

Sudah 9,9 Juta Warga Indonesia Divaksinasi COVID-19 Tahap Pertama

Jumlah orang yang divaksinasi sudah mencapai 400 ribu orang

Jakarta, IDN Times - Satuan Tugas Penanganan COVID-19 mengungkapkan sudah hampir 10 juta orang di Indonesia yang mendapat vaksinasi COVID-19. Tepatnya, ada 9.955.433 orang mendapat vaksinasi tahap pertama atau bertambah 171.155 orang dari hari sebelumnya.

Lalu, sebanyak 5.050.524 orang sudah mendapat vaksinasi tahap kedua. Jumlah itu bertambah 107.293.

Baca Juga: Sri Mulyani: RI Masuk 10 Besar Negara dengan Vaksinasi Terbanyak

1. Setiap hari sudah 400 ribu orang per hari divaksinasi

Sudah 9,9 Juta Warga Indonesia Divaksinasi COVID-19 Tahap PertamaWarga melintas di depan spanduk sosialisasi tentang vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Tanah Sareal, Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (14/1/2021). Sosialisasi tersebut bertujuan agar masyarakat umum tidak takut melakukan vaksinasi COVID-19. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Sekretaris KPCPEN Raden Pardede mengatakan, di awal-awal target vaksinasi hanya mencapai lebih dari 200 ribu, kini angka tersebut naik menjadi sekitar 400 ribu sasaran per hari. Angka tersebut menunjukkan kenaikan yang signifikan dalam upaya membentuk kekebalan kelompok.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Keraguan akan Vaksinasi Harus Dihadapi dengan Empati

2. Pemerintah bisa vaksinasi satu juta orang per hari

Sudah 9,9 Juta Warga Indonesia Divaksinasi COVID-19 Tahap PertamaIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

Menurut Raden, angka itu bakal terus bertambah dan pada Mei ditargetkan vaksinasi paling sedikit mencapai satu juta orang dan Juni bisa menyentuh lebih dari satu juta orang per hari. Dengan demikian target 181,5 juta dari penduduk Indonesia tervaksin COVID-19 akan tercapai.

"Jumlah 181,5 juta adalah 'magic number' untuk 'herd immunity'. Bahkan ditargetkan bukan hanya 15 bulan untuk 'herd immunity', tapi akhir tahun harus bisa dilakukan. Kalau bisa di atas satu juta vaksin per hari," kata dia.

3. Pemerintah targetkan minimal lebih dari 40 juta orang divaksinasi

Sudah 9,9 Juta Warga Indonesia Divaksinasi COVID-19 Tahap PertamaVaksinasi lansia di Sentra Vaksinasi BUMN di PRPP Jateng Semarang. IDN Times/Istimewa

Pemerintah sendiri menargetkan ada lebih dari 40 juta orang dari berbagai latar belakang yang mendapat vaksinasi COVID-19. Tepatnya, pemerintah menargetkan sebanyak 40.349.049 orang divaksinasi.

Sementara itu, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah hingga saat ini terus berupaya mempercepat penanganan COVID-19, salah satunya dengan menjalankan program vaksinasi untuk masyarakat Indonesia.

Dia mengatakan, pemerintah akan terus meningkatkan target vaksinasi bagi masyarakat hingga mencapai satu juta dosis per hari.

"Tentu rate vaksinasi menjadi penting sekarang sekitar 160 ribuan (dosis vaksin), kemudian di target berikutnya dinaikkan ke 500 ribu dan berikutnya 1 juta per hari," ujar Airlangga.

Baca Juga: Viral, Lansia Ini Kebal Jarum Suntik saat Vaksinasi COVID-19

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya