Tak Ada Izin Masuk Jakarta, 6.364 Kendaraan Diputarbalikkan

Masyarakat yang terlanjur mudik diminta jangan balik Jakarta

Jakarta, IDN Times - Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo, mengungkapkan bahwa berdasarkan data hingga Rabu (27/5) malam, ada sebanyak 6.364 kendaraan yang telah diputarbalikkan ketika hendak masuk ke wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) melalui 11 titik, dikarenakan tidak mengantongi Surat Izin Keluar-Masuk (SIKM).

1. Pengecekan dilakukan di sejumlah pintu masuk DKI Jakarta

Tak Ada Izin Masuk Jakarta, 6.364 Kendaraan DiputarbalikkanGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan pemantauan akses masuk ke Jakarta (Dok. Humas DKI Jakarta)

Menurut Syafrin, pengecekan yang dilakukan untuk menegakkan aturan SIKM sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 47 Tahun 2020 juga dilakukan di beberapa pintu masuk DKI Jakarta melalui moda transportasi umum baik pesawat, kereta api, mau pun bus.

“Pengecekan kami tidak hanya di ruas jalan, tapi juga di Terminal Pulo Gebang, Stasiun Gambir, dan Bandara (Soekarno-Hatta) di Cengkareng,” kata Syafrin, Kamis (28/5).

Baca Juga: Masuk ke Jakarta Tanpa SIKM, 7 Orang Ini Langsung Dikarantina

2. Kasus COVID-19 di Jakarta mulai turun

Tak Ada Izin Masuk Jakarta, 6.364 Kendaraan DiputarbalikkanIlustrasi (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Syafrin mengungkapkan bahwa kasus COVID-19 di Provinsi DKI Jakarta sudah mulai turun dan dapat dikendalikan dalam dua periode sejak diterapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Ada pun angka penurunan itu dillihat dari tingkat penularan atau reproduction number COVID-19, yang dihimpun ke dalam data yang terus diperbarui oleh Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Kita harapkan ini bisa kita terus tekan. Sehingga kita semuanya, warga yang memiliki kesadaran kolektif di Jakarta itu akan keluar dari masa PSBB dan kita menuju kepada masa transisi yang kita harapkan lebih baik ke depan,” jelas Syafrin.

3. Masyarakat yang sudah mudik diminta jangan kembali ke Jakarta

Tak Ada Izin Masuk Jakarta, 6.364 Kendaraan DiputarbalikkanKadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo (IDN Times/Muhammad Athif Aiman)

Oleh karena itu, Syafrin mengimbau kepada masyarakat yang sudah berada di kampung halaman agar tidak ke Jabodetabek untuk sementara waktu. Sebab, berada di kampung lebih baik daripada harus kembali ke wilayah Jabodetabek yang menjadi episentrum COVID-19.

“Bagi warga Jabodetabek yang sudah terlanjur di luar Jabodetabek, silakan Anda di sana dulu, bangun kampung, jangan mudik dulu, atau kalau ingin balik maka bawa SIKM,” ujar Syafrin.

Baca Juga: Polri: Keluar Masuk Jakarta Tak Punya SIKM Langsung Diputar Balik

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya