Tak Banyak Simpatisan Datang ke Sidang Rizieq Shihab di PN Jaktim

Petugas menyiagakan mobil RAISA dan kawat berduri

Jakarta, IDN Times - Pendiri Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab kembali menjalani sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Timur pada Selasa (30/3/2021). Sidang ini beragendakan mendengarkan tanggapan Jaksa Penuntut Umum dalam tiga perkara berbeda.

Pantauan IDN Times di lokasi, pintu PN Jakarta Timur tertutup rapat bagi warga maupun jurnalis. Para jurnalis yang hadir di lokasi hanya boleh berada di tepi jalan.

1. Berbeda dari sebelumnya, kali ini sidang Rizieq Shihab cenderung lebih sepi

Tak Banyak Simpatisan Datang ke Sidang Rizieq Shihab di PN JaktimLayar telepon pintar menampilkan suasana sidang kasus pelanggaran protokol kesehatan dengan terdakwa Rizieq Shihab yang digelar secara virtual di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, Jakarta, Selasa (30/3/2021). Sidang tersebut beragendakan mendengarkan pendapat Jaksa Penuntut Umum atas eksepsi terdakwa (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)

Berbeda dengan sidang sebelumnya, kali ini sidang Rizieq Shihab cenderung lebih sepi dari simpatisannya. Hanya terlihat sejumlah pendukung baik pria maupun wanita yang hadir.

Keberadaan mereka juga tak berlangsung lama karena ketika duduk di tepi jalan diteriaki aparat menggunakan mobil Pengurai Massa (RAISA).

"Kepada warga yang berada di sekitar Pengadilan Negeri Jakarta Timur dimohon untuk menaati protokol kesehatan dengan memakai masker dan menjaga jarak," ujar aparat dari mobil RAISA.

"Protokol kesehatan apa lagi sih, ini sudah pakai masker," ujar seorang ibu yang duduk di tepi trotoar.

Baca Juga: Polri: 1.194 Personel Jaga Sidang Rizieq Shihab di PN Jaktim

2. Situasi lalu lintas di sekitar PN Jakarta Timur terpantau ramai

Tak Banyak Simpatisan Datang ke Sidang Rizieq Shihab di PN JaktimKawat berduri dipasang saat berlangsungnya sidang lanjutan kasus pelanggaran protokol kesehatan dengan terdakwa Rizieq Shihab di kawasan Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, Jakarta, Jumat (26/3/2021). Sidang tersebut beragendakan pembacaan nota keberatan atau eksepsi (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Sementara itu, situasi lalu lintas di sekitar PN Jakarta Timur terpantau ramai lancar.

Sebab, sejumlah pengendara memelankan laju kendaraannya dan ada yang melihat suasana di depan pengadilan.

3. Aparat memasang kawat berduri untuk menghalau simpatisan

Tak Banyak Simpatisan Datang ke Sidang Rizieq Shihab di PN JaktimSejumlah petugas kepolisian berjaga saat berlangsungnya sidang kasus pelanggaran protokol kesehatan dengan terdakwa Rizieq Shihab di halaman Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, Jakarta, Selasa (30/3/2021). Sidang tersebut beragendakan mendengarkan pendapat Jaksa Penuntut Umum atas eksepsi terdakwa (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)

Untuk mengamankan sidang kali ini, aparat keamanan yang diterjunkan berjumlah 1.194 orang. Terpantau sejumlah aparat berjaga di berbagai titik.

Bahkan, kawat berduri juga disiagakan untuk menghalau simpatisan yang datang.

Baca Juga: 2 Terduga Teroris Sempat ke Sidang Rizieq Shihab, Keamanan Diperketat

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya