Tak Dapat Izin dari Pemprov DKI, Reuni 212 di Monas Ditunda

Reuni 212 akan digelar kalau pemerintah abai pada kerumunan

Jakarta, IDN Times - Front Pembela Islam (FPI), Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama, dan Persaudaraan Alumni 212 membatalkan acara Reuni 212 yang semula akan digelar Rabu, 2 Desember 2020. Alasan pembatalan karena Pemprov DKI Jakarta tidak memberikan izin penggunaan Monumen Nasional.

"Serta melihat kondisi terakhir perkembangan wabah COVID-19 maka pelaksanaan Reuni 212 ditunda sementara," kata Ketua Umum Persaudaraan Alumni (PA) 212, Slamet Ma'arif, dalam keterangan pers yang ditayangkan YouTube Front Tv, Selasa (17/11/2020).

1. Reuni 212 akan digelar lagi apabila pemerintah membiarkan kerumunan saat Pilkada

Tak Dapat Izin dari Pemprov DKI, Reuni 212 di Monas DitundaIlustrasi pilkada serentak (IDN Times/Mardya Shakti)

Slamet mengatakan penundaan itu hanya berlangsung sementara karena pihaknya masih akan melihat bagaimana pemerintah pusat melaksanakan Pilkada serentak 2020. Reuni 212, kata Slamet, akan dilaksanakan apabila pemerintah melanggar aturan berkerumun saat pandemik COVID-19.

"Jika ada pembiaran kerumunan oleh pemerintah maka reuni 212 tahun 2020 akan tetap digelar di waktu yang tepat," jelasnya.

Baca Juga: Terimbas Pandemik COVID-19, 5 Motor Ini Harga Bekasnya Cuma Rp5 Jutaan

2. Umat Islam diminta berdoa agar pandemik COVID-19 segera teratasi

Tak Dapat Izin dari Pemprov DKI, Reuni 212 di Monas DitundaKegiatan salat jumat berjamaah di sejumlah masjid Jakarta (Dok. Koordinator Gerakan Bangkit dari Masjid Arief Rosyid Hasan)

Sebagai gantinya, umat Islam diminta untuk istighosah agar pandemik COVID-19 di Indonesia bisa segera diatasi. Semua umat Islam bisa diminta tetap menaati protokol kesehatan selama beribadah.

"Pelaksanaan istighosah dikaksanakan di masjid, musala, pondok pesantren, majelis taklim dengan menerapkan protokol COVID-19, memakai masker, dan tidak dilaksanakan di ruang terbuka seperti lapangan," jelasnya

3. PA 212 gelar diskusi nasional pada 2 Desember 2020

Tak Dapat Izin dari Pemprov DKI, Reuni 212 di Monas DitundaPimpinan FPI, Rizieq Shihab ketika melakuan pertemuan di Saudi (Istimewa)

Pada Rabu, 2 Desember 2020 pihaknya akan menggelar dialog nasional dengan menghadirkan 100 tokoh dan ulama. Pendiri Front Pembela Islam Rizieq Shihab juga dipastikan hadir dalam acara itu.

"(Pelaksanaan dialog) dengan tetap menerapkan protokol COVID-19," jelasnya.

Baca Juga: Nasdem DKI: Kalau Anies Bubarkan Kerumunan Rizieq Shihab Bisa Kacau

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya