Teror Ular Kobra, Wali Kota Jakarta Barat Minta Warga Waspada

Bila temukan ular kobra warga diminta segera lapor ke damkar

Jakarta, IDN Times - Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi meminta warganya waspada usai ditemukannya ular kobra di sejumlah titik di ibu kota. Ia berharap ular tersebut tak lagi ditemukan.

"Kita berharap masyarakat waspada. Antisipasi tempat-tempat yang kemungkinan berkembangbiaknya ular ya dibersihkan. Karena itu berhubungan dengan kebersihan wilayah, kebersihan lingkungan," ujar Rustam saat ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (16/12).

1. Wali kota perintahkan jajarannya periksa semua tempat yang berpotensi ada ular kobra

Teror Ular Kobra, Wali Kota Jakarta Barat Minta Warga Waspada(Petugas dinas pemadam kebakaran melakukan evakuasi seekor ular King Kobra (Ophiophagus Hannah) saat ditemukan di kawasan permukiman warga Jakasampurna, di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (12/12)) ANTARA FOTO/Risky Andrianto

Rustam mengaku akan bekerja sama dengan dokter terkait serum anti bisa ular. Selain itu ia telah memerintahkan seluruh jajaran mulai dari lurah hingga RW setempat untuk memastikan tempat-tempat yang berpotensi ditemukan ular kobra.

"Misalnya di lubang-lubang, kaleng-kaleng bekas, pokoknya sarang ular. Nanti kan dibersihkan," katanya.

Baca Juga: Deretan Teror Ular Kobra Mengepung Jakarta Sepekan Terakhir

2. Warga diminta melapor petugas pemadam kebakaran bila menemukan ular kobra

Teror Ular Kobra, Wali Kota Jakarta Barat Minta Warga WaspadaIDN Times/Fitria Madia

Ia mengimbau pada warga yang menemukan ular kobra untuk segera melapor pada petugas pemadam kebakaran bila menemukan ular kobra. Sebab, petugas damkar sudah terlatih menangani ular.

"Pokoknya bersih-bersih, rutin dilakukan tiap hari Jumat dan Minggu. Kita bersihkan tempat-tempat yang kemungkinan ada sarang ularnya," ujarnya.

3. Sebanyak 18 ular ditemukan di Joglo, Jakarta Barat

Teror Ular Kobra, Wali Kota Jakarta Barat Minta Warga Waspada(Belasan ular kobra ditemukan di kloset rumah warga di Kembangan, Jakarta Barat, Minggu (15/12) ANTARA/HO- Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Barat

Sebelumnya, warga Jalan Langgar RT 04/03 Joglo, Kembangan, Jakarta Barat digegerkan dengan temuan belasan ular kobra seukuran kurang lebih 20 sentimeter di kloset kamar mandi pada Minggu (15/12).

Kepala Seksi Operasional Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Barat Eko Sumarno menyebut ular tersebut bersarang di gudang bekas kolam.

"Jumlah ular kobranya sebanyak 18 ekor ada di bekas kolam, menjalar ke kloset kamar mandi warga," ujar Eko di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Senin (16/12).

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Temuan Belasan Ular Kobra di Kloset Gegerkan Warga Kembangan

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya