Tinjau Arus Mudik, Menhub Imbau Pemudik Tak Gunakan Motor

Masih ada mudik gratis berhadiah motor guys

Jakarta, IDN Times - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau persiapan sekaligus arus mudik di bandara, terminal, dan stasiun yang akan digunakan pemudik jelang Lebaran 2018.

1. Pemudik diimbau tak gunakan sepeda motor

Tinjau Arus Mudik, Menhub Imbau Pemudik Tak Gunakan MotorIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Budi mengimbau kepada pemudik agar lebih memilih menggunakan transportasi umum ketimbang kendaraan pribadi, sebagai moda transportasi mudik Lebaran 2018.

“Saya berharap kepada masyarakat untuk menggunakan transportasi umum saat mudik nanti, kalau bisa gak menggunakan motor karena bahaya. Ngeri loh, bawa anak dan barang mudik dengan sepeda motor. Tahun lalu saja 70 persen kecelakaan saat mudik adalah pengguna sepeda motor,” kata dia ketika meninjau persiapan mudik di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Minggu, (3/6).

2. Mudik gratis ke Semarang masih tersedia

Tinjau Arus Mudik, Menhub Imbau Pemudik Tak Gunakan MotorIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Budi menginformasikan bahwa mudik gratis yang disiapkan pemerintah masih ada, sehingga pemudik bisa memanfaatkan fasilitas tersebut.

”Mudik gratis dengan kapal laut masih tersedia banyak, bisa bawa kendaraan pribadi dan door prize motor. Kuotanya masih ada sekitar 3.000 lagi dari 15 ribu yang tersedia dalam rute Jakarta ke Semarang,” kata dia.

3. Bus moda transportasi alternatif

Tinjau Arus Mudik, Menhub Imbau Pemudik Tak Gunakan MotorIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Pria yang menjabat sebagai Menteri Perhubungan sejak Juli 2016 ini juga mengimbau masyarakat, agar tidak perlu risau memilih bus sebagai moda transportasi alternatif untuk mudik. Karena jumlah bus kini lebih banyak dari tahun lalu, dan akan dilakukan pengecekan sebelum berangkat mengantar penumpang.

“Kami ingin meningkatan pelayan mudik dengan bus. Contohnya, jumlah armada bus yang tersedia tahun ini lebih banyak 4.000 dibanding tahun lalu yang cuma 10 ribu. Saya juga berkomitmen memastikan bus yang belum uji kelayakan tidak berangkat,” kata Budi Karya.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya