Trotoar untuk PKL, PAN Dukung Anies Baswedan

Pemprov DKI harus pastikan hak pejalan kaki tak terganggu

Jakarta, IDN Times - Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD DKI Jakarta turut buka suara terkait rencana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membagi fungsi trotoar untuk Pedagang Kaki Lima (PKL) dan pejalan kaki.

Menurut Anggota Fraksi PAN Zita Anjani, maksud Anies merencanakan itu adalah hal yang baik. Sebab, kebijakan tersebut akan memberdayakan rakyat kecil.

"Kalau saya lihat maksud pak gubernur itu baik, untuk membuat rakyat kecil lebih berdaya. Itu kan yang kita semua inginkan?" ujar Zita kepada IDN Times.

1. Pemprov DKI diminta memastikan PKL tak ganggu pejalan kaki

Trotoar untuk PKL, PAN Dukung Anies BaswedanIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Zita mengatakan, dia tak setuju jika langsung muncul penolakan atas wacana itu. Ia pun memastikan partainya akan mendukung bila untuk kesejahteraan warga.

Meski demikian, putri Ketua MPR RI Zulkifli Hasan ini tak ingin kebijakan tersebut cacat hukum. Pemprov pun diminta memastikan keberadaan PKL gak mengganggu pejalan kaki.

"Keberadaan PKL harus dapat dilihat sebagai kemudahan dan fasilitas bagi pejalan kaki. Jadi, jangan seolah-olah ada kesan anti pedagang kecil di kalangan elite," ujar Zita.

Baca Juga: Anies Akan Izinkan PKL Berdagang di Trotoar, PKS Ajukan 3 Syarat Ini

2. Zita ingin usaha kecil menggerakkan ekonomi warga

Trotoar untuk PKL, PAN Dukung Anies BaswedanIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Zita berharap, usaha kecil di Jakarta menjadi penggerak ekonomi warga sehingga perlu adanya program pemberdayaan usaha kecil agar bisa bersaing di pasar online.

"Sekarang banyak perempuan yang bisa transaksi puluhan juta sebulan tanpa harus punya kios fisik. Wirausaha seperti ini perlu lebih banyak lagi didukung. Kami tidak ingin usaha rakyat kalah bersaing karena tidak dipersiapkan masuk pasar digital, malah mentok di cara yang konvensional," katanya.

3. Anies berencana bagi trotoar untuk PKL dan pejalan kaki

Trotoar untuk PKL, PAN Dukung Anies BaswedanIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Sebelumnya, Anies berencana membagi trotoar yang saat menjadi kawasan untuk pejalan kaki dan tempat untuk pedagang berjualan.

Menurutnya, penyediaan tempat khusus untuk Pedagang Kaki Lima (PKL) ini sudah melalui penghitungan matang sehingga tak mengganggu pejalan kaki.

"Memang trotoar itu harus dibagi nantinya, mana yang dipakai untuk pejalan kaki, mana yang bisa untuk berjualan.Dan ini yang sekarang kita akan buat di kawasan mana pembagiannya seperti apa. ada aturannya itu," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (4/9).

Baca Juga: Anies: Trotoar akan Dibagi untuk Kawasan Pejalan Kaki dan Berjualan

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya