Comscore Tracker

Tunggu Arahan Setneg, Pemprov Hentikan Sementara Revitalisasi Monas

Proyek revitalisasi Monas dihentikan sementara mulai besok

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyetujui penghentian sementara proyek revitalisasi kawasan Monas di sisi selatan. Meski demikian, Pemprov lebih memilih untuk melanjutkan ketimbang menghentikannya.

"Sebenarnya kami lebih suka diteruskan, tetapi setelah rapat koordinasi dengan DPRD, ya sudah ini dihentikan sementara untuk menghormati," ujar Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah saat meninjau revitalisasi Monas di Jakarta Pusat, Selasa (28/1).

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi juga meminta proyek Revitalisasi Monas dihentikan. Proyek itu dihentikan sementara sampai ada surat persetujuan dari Kemensetneg.

"Mulai besok, menunggu surat dari Kementerian Sekretariat Negara," jelasnya.

1. Penundaan sampai ada arahan dari Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka

Tunggu Arahan Setneg, Pemprov Hentikan Sementara Revitalisasi MonasIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Revitalisasi akan ditunda oleh Pemprov DKI hingga persetujuan dari Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka yang terdiri dari sejumlah instansi yang dikepalai Menteri Sekretaris Negara.

"Kami menunggu dari Kemensetneg untuk menunda sampai dirapatkan," kata Saefullah.

2. DPRD DKI menilai proyek revitalisasi tidak sesuai dengan fungsi awal untuk daerah resapan

Tunggu Arahan Setneg, Pemprov Hentikan Sementara Revitalisasi MonasIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke proyek Revitalisasi Monas pada Senin (27/1) siang, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menyatakan tidak segan akan menghentikan proyek ini jika tidak sesuai dengan fungsi awal untuk daerah resapan.

Menurut Prasetyo, ada pelanggaran fungsi awal sehingga Monas harus dikembalikan pada fungsi semula. Jika tidak dapat penjelasan yang mumpuni soal pengalihan fungsi ini, Prasetyo tak segan akan memberhentikan proyek ini.

"Nah ini ada satu pelanggaran fungsi awal yang mungkin nanti saya akan panggil para pihak untuk bisa menjelaskan ini kalau tidak saya hentikan," ujar dia 

3. Revitalisasi Monas picu kontroversi

Tunggu Arahan Setneg, Pemprov Hentikan Sementara Revitalisasi MonasRevitalisasi Monas (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Revitalisasi Monas memicu kontroversi setelah ratusan pohon di kawasan tersebut ditebang. Anggaran untuk proyek revitalisasi Monas ini senilai Rp71,3 miliar dan dikerjakan oleh PT Bahana Prima Nusantara sebagai pemenang tender dengan penawaran Rp64,41 miliar.

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya