Udara Jakarta Buruk, Dinas LH DKI: Kalau Butuh, Gunakan Masker!

Kualitas udara Jakarta tengah jadi sorotan

Jakarta, IDN Times - Kepala Dinas Lingkungkan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto, meminta masyarakat tetap memakai masker. Sebab, kondisi udara Jakarta saat ini sedang buruk.

“Kalau memang butuh, tolong gunakan masker, tidak hanya pandemik, kami harapkan dengan gunakan masker dapat melindungi kita dari kondisi udara yg masih buruk saat ini,” ujarnya ketika ditemui di kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Kamis (23/6/2022).

1. Dinas LH dorong publik pakai transportasi umum dan uji emisi

Udara Jakarta Buruk, Dinas LH DKI: Kalau Butuh, Gunakan Masker!Iluastrasi MRT (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Asep mengimbau warga memakai transportasi umum. Selain itu, warga juga diminta melakukan uji emisi.

“Lakukan uji emisi untuk kendaraan bermotor kita, baik roda dua atau empat kewajiban uji emisi paling tidak setahun dua kali,” ujarnya.

Baca Juga: Cemari Udara, DLH DKI Jakarta Cabut Izin Lingkungan PT KCN

2. Dinas LH minta warga gunakan bahan bakar ramah lingkungan

Udara Jakarta Buruk, Dinas LH DKI: Kalau Butuh, Gunakan Masker!Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto (IDN Times/Aryodamar)

Asep juga meminta warga meggunakan bahan bakar ramah lingkungan. Sebab, hal itu bisa mengurangi emisi karon yang memperburuk kualitas udara.

“Jadi tolong teman-teman kalau menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan,” jelas Asep.

3. Anies sebut kualitas udara Jakarta yang buruk jadi masalah serius

Udara Jakarta Buruk, Dinas LH DKI: Kalau Butuh, Gunakan Masker!Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (IDN Times/Aryodamar)

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, juga mengakui kualitas udara Jakarta sedang buruk. Ia meminta semua pihak untuk berpartisipasi dalam memperbaiki udara Jakarta.

"Jadi saya melihat ini adalah sebuah persoalan serius, wake up call (peringatan) juga untuk kita semua, bahwa ini persoalan serius dan kita kerjakan sama-sama," katanya.

Baca Juga: Anies Sebut Wilayah Lain Ikut Andil Pada Buruknya Udara Jakarta 

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya