Comscore Tracker

Usai Debat Pilpres, Jubir PSI: Jokowi-Ma'ruf Masih Perlu Evaluasi 

Meski perlu evaluasi, performa Jokowi-Ma'ruf sudah baik

Jakarta, IDN Times - Debat capres-cawapres baru saja berakhir kemarin (17/1) malam. Di debat pertama tersebut, performa pasangan nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin dinilai banyak pihak masih perlu evaluasi. Salah satu penilaian tersebut disampaikan oleh juru bicara Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Dedek Prayudi.

1. Performa debat Jokowi-Ma'ruf masih perlu dievaluasi

Usai Debat Pilpres, Jubir PSI: Jokowi-Ma'ruf Masih Perlu Evaluasi (Pasangan Jokowi-Ma'ruf usai debat capres) ANTARA FOTO/Aprilio Akbar

Dedek menilai bahwa Jokowi-Maruf masih memiliki kekurangan meski performa dalam debat sudah baik. Ia pun berharap ada perubahan positif ketika debat-debat selanjutnya berlansgung. “Kalau saya pribadi, manajemen waktu masih menjadi pekerjaan rumah keduanya untuk ke depan,” ujarnya.

Baca Juga: Banyak Diam dalam Debat Perdana, Ma'ruf Amin Tuai Komentar

2. Ma'ruf Amin sangat pro-aktif

Usai Debat Pilpres, Jubir PSI: Jokowi-Ma'ruf Masih Perlu Evaluasi ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Meski masih ada hal yang perlu dievaluasi, pria yang akrab disapa Uki ini menilai performa Ma'ruf Amin sudah baik. Sebab, Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini sudah pro-aktif dalam debat khususnya dalam pembahasan deredikalisasi. “Karena Ma'ruf Amin seorang tokoh agama kenamaan yang prominen di negeri ini,” ungkapnya.

3. Paparan yang disampaikan Prabowo-Sandiaga masih berupa filosofi

Usai Debat Pilpres, Jubir PSI: Jokowi-Ma'ruf Masih Perlu Evaluasi IDN Times/ ilyas listianto mujib

Tak hanya menilai pasangan calon yang didukungnya, Dedek secara pribadi juga menilai performa debat dari kubu Prabowo-Sandiaga. Menurutnya, pemaparan yang dilakukan mereka dalam debat masih berupa filosofi dan belum mampu menurunkan ke arah upaya atau program kerja. Dirinya berpendapat bahwa seharusnya Prabowo-Sandiaga harus menguasai keadaannya terlebih dahulu sehingga bisa memikirkan ke arah mana negara ini dibawa.

“Saya menilai Pak Prabowo-Sandiaga masih di tatanan filosofi, masih di tatanan ‘Kalau kami terpilih, kami maunya jadi seperti ini’,” ujarnya selepas menjadi narasumber talkshow Millennials Memilih spesial debat perdana Pilpres 2019 di kantor IDN Times, Kamis (17/1).

4. Kedua paslon sudah tunjukan sikap negarawan

Usai Debat Pilpres, Jubir PSI: Jokowi-Ma'ruf Masih Perlu Evaluasi (Paslon saling bersalaman usai debat gelombang pertama) ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Lebih lanjut, Dedek menilai dua pasang peserta debat itu memiliki sikap yang hebat. Sebab, mereka telah menunjukan karakter negarawan di balik tensi perdebatan semalam yang sempat memanas. Ia pun berharap sikap tersebut menular hingga ke akar rumput.  “Saya melihat kesejukan empat orang ini sangat terjaga. Inilah sikap negarawan yang mudah-mudahan turun sampai tingkat akar rumput,” jelasnya.

Baca Juga: Jokowi Agresif Menyerang dalam Debat, TKN: Itu Strategi Kami

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You