Viral Skateboarder Ditangkap, Satpol PP: Berkerumun dan Gak Bermasker

Netizen beradu argumen soal penangkapan skateboarder viral

Jakarta, IDN Times - Sebuah video yang merekam anggota Satpol PP sedang menangkap beberapa pemain skateboard di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat beredar viral di media sosial. Dalam keterangan video yang dibagikan akun insurgentcrew di Instagram itu, pengunggah meminta petugas itu ditindak karena berbuat kasar. 

Ia juga menyebut Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan Gubernur Anies Baswedan di dalam unggahannya itu.

1. Satpol PP sebut pemain skateboard tak pakai masker dan berkerumun

Viral Skateboarder Ditangkap, Satpol PP: Berkerumun dan Gak BermaskerSejumlah pemain skateboard ditangkap Satpol PP DKI (Instagram.com/Insurgentcrew)

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta Arifin tak membantah video tersebut. Arifin menjelaskan, penangkapan itu dilakukan karena pemain skateboard sudah berulang kali dingatkan untuk tidak berkerumun dan juga memakai maskernya. Tapi, ternyata itu dilanggar lagi.

"Didapati kegiatan teman-teman yang menggunakan skateboard itu bermain di sekitar trotoar di depan hotel Mandarin tanpa gunakan masker, berkerumun dan sebagainya," ujar Arifin saat dihubungi, Kamis (4/3/2021).

 

Baca Juga: Antisipasi Banjir, DKI Bakal Sulap Taman RTH untuk Tampung Air 

2. Pemain skateboard menolak diamankan, sehingga Satpol PP mengambil sikap

Viral Skateboarder Ditangkap, Satpol PP: Berkerumun dan Gak BermaskerSejumlah pemain skateboard ditangkap Satpol PP DKI (Instagram.com/Insurgentcrew)

Kemudian, Anggota Satpol PP DKI menangkap mereka untuk pendataan. Namun, ada sejumlah orang yang kabur dan menolak.

"Yang di video itu, dari mereka kan menolak, tidak mau, nah itu aja yang diambil," ujarnya.

 

3. Satpol PP ingin mengedukasi pemain skateboard

Viral Skateboarder Ditangkap, Satpol PP: Berkerumun dan Gak BermaskerSejumlah pemain skateboard ditangkap Satpol PP DKI (Instagram.com/Insurgentcrew)

Arifin menjelaskan, sebenarnya Anggota Satpol PP DKI Jakarta ingin mengedukasi pemain skateboard bahwa kegiatan tersebut sebenarnya boleh dilakukan. Namun, pemain skateboard tetap harus bermasker dan tak berkerumun karena pandemik COVID-19 masih ada di Jakarta.

"Artinya kegiatan ini sepanjang tidak ganggu ketertiban umum, tidak berkerumun, menggunakan masker, itu silakan saja. Tentu kita tidak lakukan pendisplinan. Ini kan main gak menggunakan masker," jelasnya.

 

4. Netizen beradu argumen di media sosial terkait aksi Satpol PP mengamankan skateboarder

Video ini juga berseliweran di linimasa Twitter dan dikomentari beragam oleh netizen. Akun @afnnlambesis yang mengambil credit video akun Instagram insurgentcrew mengunggah kembali video dengan keterangan "Panjang umur skateboarders, Pol PP mulai galak!".

Beberapa netizen menilai aksi Satpol PP ini tidak salah, apalagi di tengah pandemik untuk menekan penularan COVID-19 masyarakat harus taat protokol kesehatan. Seperti yang diungkapkan oleh akun @konconem.

"mank satpol PP salah apa ya? benerkan emang tugasnya dia. trotoar milik pejalan kaki bukan buat nongkrong anak skateboard klo gak di tangkap besok anak spededah ngikut2 nongkrong, anak motor juga ikut nonggkrong dst. nanti alasannya anak sketebord boleh masak kita g boleh," cuitnya.

Sementara beberapa netizen lainnya berdalih bahwa hal ini terjadi lantaran tempat bermain skateboard di Jakarta kurang memadai. Bahkan salah satu akun menantang netizen lainnya untuk menyebutkan lokasi-lokasi bermain skateboard di ibu kota.

"Coba sebutkan 5 lokasi main skate yg disediakan, ada rampnya. Biar serius nyari, gw kasi pulsa d 25 rebu. Jangan abis itu ngomel, gk guna, mending coba googling. Fyi, kalijodo gk diurus dgn baek," cuit netizen tersebut.

Pertanyaan ini langsung dijawab oleh netizen lainnya dengan menyertakan cuplikan gambar dari Google Maps, antara lain Twilo Skatepark, Skatepark Budi Luhur dan Area Mini Skatepark di Jakarta Selatan, Skatepark Slipi di Jakarta Barat, Edelt Skatepark di Jakarta Utara, Skatepark Cijantung dan Tambu Skatepark di Jakarta Timur.
 

Baca Juga: Anies Resmikan Taman Dukuh Atas, Ada Tempat Bermain Skateboard Loh!

https://www.youtube.com/embed/oGzkq5kGXOI

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya