Waduk Sunter Mulai Ditata Awal 2021, Tetap Ada Wahana Jet Ski, Lho!

"Tahun ini sedang diupayakan mencari sumber biaya lain."

Jakarta, IDN Times - Pemprov DKI Jakarta memastikan penataan Waduk Sunter, Tanjung Priok, Jakarta Utara akan dikerjakan selambatnya awal 2021. Rencananya selain menjadi kawasan menampung air Waduk Sunter akan dibangun sarana publik

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menyampaikan bahwa seharusnya penataan Waduk Sunter berlangsung pada pertengahan 2020. Namun, akibat pandemik COVID-19 atau virus corona, maka ada sejumlah anggaran yang dialihkan.

“Selambatnya penataan tahun depan, tapi tahun ini sedang kami upayakan mencari sumber-sumber pembiayaan lain salah satunya melalui dana CSR,” kata Riza Patria di Balai Kota DKI pada Senin (20/7/2020).

1. Waduk Sunter gak cuma buat nampung air

Waduk Sunter Mulai Ditata Awal 2021, Tetap Ada Wahana Jet Ski, Lho!Riza Patria di Danau Sunter, Jakarta Utara (Dok. IDN Times/Istimewa)

Riza mengatakan, penataan Waduk Sunter merupakan instruksi dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Ketua DPP Partai Gerindra itu menilai bahwa waduk harus diberdayakan selain untuk menahan bencana banjir, juga untuk kegiatan olahraga dan sosial-ekonomi dan budaya bagi masyarakat Jakarta.

“Sebagaimana program RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) dan arahan Pak Gubernur, bahwa di situ akan dijadikan pedestrian, tempat rekreasi, penataan UMKM dan tidak boleh lagi menjadi tempat yang mesum,” ujar Riza.

Baca Juga: Rumahnya Digusur, Warga Sunter Menyesal Pilih Anies Jadi Gubernur

2. Wahana jet ski akan tetap ada di Waduk Sunter

Waduk Sunter Mulai Ditata Awal 2021, Tetap Ada Wahana Jet Ski, Lho!Riza Patria di Danau Sunter, Jakarta Utara (Dok. IDN Times/Istimewa)

Mantan anggota DPR ini juga memastikan wahana jet ski yang selama ini ada di Waduk Sunter tetap dipertahankan. Hal itu berdasarkan koordinasi dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DKI Jakarta beberapa waktu lalu.

“Sejauh ini efektivitas Waduk Sunter berjalan baik, di situ sudah ada tribun sehingga akan diefektifkan dan saya sudah mengecek kondisi langsung di lapangan saat hari Minggu kemarin,” ungkapnya.

3. Kawasan yang ditata seluas 2.400 meter persegi

Waduk Sunter Mulai Ditata Awal 2021, Tetap Ada Wahana Jet Ski, Lho!Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Juaini Yusuf saat memberi sambutan dalam Peresmian Instalasi Pengolahan Air Laut di Kepulauan Seribu, Rabu (20/11) (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Juaini Yusuf menambahkan, sebetulnya penataan Waduk Sunter sudah dilakukan sejak 2019 lalu, namun belum dilakukan secara menyeluruh.

Dari total luas 2.400 meter persegi, pihaknya baru menata Waduk Sunter seluas 1.400 meter persegi dengan alokasi dana Rp 40 miliar.

Sementara untuk penataan waduk seluas 1.000 meter persegi lagi dengan nilai Rp 30 miliar, rencananya akan dilakukan pada 2020 ini. Namun karena adanya recofusing anggaran untuk Covid-19, maka pengerjaan memakai Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) terpaksa tertunda.

“Tapi alhamdulillah setelah kemarin hasil kunjungan Pak Wagub ke Waduk Sunter, rencananya proyek akan dilanjutkan memakai anggaran CSR,” kata Juani melalui keterangannya.

Juaini mengatakan, penataan pada 2019 lalu meliputi pengerukan waduk, revitalisasi kolam pemancingan, pembangunan lintasan lari, tempat permainan anak-anak dan ampiteater atau gelanggang terbuka. Lalu untuk penataan yang terakhir, DKI akan membangun lokbin untuk pedagang UMKM yang ada di sana.

Selama ini, kata dia, keberadaan pedagang kaki lima (PKL) yang bertumpuk di sana cenderung menimbulkan kesan kumuh di Waduk Sunter.

“Kami sangat mengharapkan dukungan dari Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara untuk merelokasi pedagang (PKL) yang ada di lokasi tersebut, nanti kalau sudah dibuatkan warungnya kami akan kembalikan ke lokasi semula,” ungkapnya.

Baca Juga: Emak-emak Mengamuk Banting Kursi Tolak Penggusuran di Sunter 

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya