Comscore Tracker

Wagub DKI: Risiko COVID-19 di Bioskop Lebih Rendah dari Restoran

Waduh, yang bener nih, Pak Wagub?

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmar Riza Patria mengklaim, risiko penularan COVID-19 di bioskop lebih rendah dari pesawat, kantor, dan restoran. Hal tersebut diungkapkan Riza kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (4/9/2020).

"Kalau mau jujur, bioskop itu lebih aman (dari penularan COVID-19) dibandingkan di pesawat, kantor, dan restoran," kata Riza.

1. Mengapa risiko penularan COVID-19 di bioskop lebih rendah?

Wagub DKI: Risiko COVID-19 di Bioskop Lebih Rendah dari RestoranIlustrasi Bioskop (IDN Times/Besse Fadhilah)

Menurut Riza, risiko penularan COVID-19 di lingkungan bioskop lebih rendah karena ada sejumlah faktor.

Pertama, di pesawat ruangannya lebih sempit dan udaranya tertutup. Kemudian, di kantor dan restoran banyak orang tak menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

"Kalau di bisokop kan orang menghadap ke layar satu arah. Protokol kesehatannya jalan. Duduknya dibuat berjarak, disediakan hand sanitzer, ada pengecekan suhu, orang pakai masker, dan dilarang mengobrol," jelas Riza.

Baca Juga: Pemprov DKI: Belum Ada Pengelola Bioskop di Jakarta Ajukan Izin Buka

2. Anies izinkan pembukaan bioskop di tengah pandemik COVID-19

Wagub DKI: Risiko COVID-19 di Bioskop Lebih Rendah dari RestoranGubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan mengapresiasi keberadaan Tugu Peringatan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kawasan Danau Sunter Selatan, Tanjung Priok, Jakarta Utara (Instagram.com/kominfotik_ju)

Sebelumnya diberitakan IDN Times, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan bahwa bioskop akan dibuka dalam waktu dekat. Hal tersebut diungkapkan Anies dalam konferensi pers yang disiarkan YouTube Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Dalam waktu dekat ini kegiatan bioskop akan kembali dibuka. Dan protokol kesehatan akan ditegakkan lewat regulasi detail dan adanya pengawasan yang ketat. Sehingga pelaku industri memberikan jasa kepada masyarakat tanpa risiko yang besar," ucap Anies, Rabu (26/8/2020).

Anies mengungkapkan, rencana pembukaan bioskop berdasarkan studi dan kajian pakar soal pengelolaan bioskop yang sudah dilakukan berbagai negara. Hal ini juga telah didiskusikan dengan Satgas COVID-19 hingga Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)

"Jadi 47 negara saat ini kegiatan bioskop sudah berjalan seperti biasa. Bahkan di Korea Selatan, selama pandemi termasuk puncak pandemi mereka di sana bioskop tidak ditutup," katanya.

3. Satgas COVID-19 mengklaim pembukaan bioskop bisa tingkatkan imunitas

Wagub DKI: Risiko COVID-19 di Bioskop Lebih Rendah dari RestoranJuru Bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito di Kantor Presiden, Jakarta (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Satgas Penanganan COVID-19 atau virus corona telah mengizinkan bioskop beroperasi kembali di Jakarta di tengah pandemik yang belum mereda ini. Sebab, menonton bioskop diklaim bisa meningkatkan imunitas tubuh manusia.

"Bioskop dan memang memiliki karakteristik penting dan kontribusi penting terutama dalam memberikan hiburan kepada masyarakat, karena imunitas masyarakat juga bisa meningkat karena bahagia," kata Ketua Tim Pakar Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito dalam keterangan pers yang disiarkan YouTube Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), 26 Agustus 2020.

Baca Juga: Kapan Bioskop di Jakarta Dibuka? Hanya Anies dan Tuhan yang Tahu

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya