Wagub Riza Jajal Sistem Integrasi Tiket JakLingko

Empat transportasi umum bakal terintegrasi satu tiket

Jakarta, IDN Times - Direktur Utama PT JakLingko Indonesia Muhamad Kamaluddin mengatakan bahwa pencanangan resmi kartu dan aplikasi dengan harga yang terjangkau dan terintegrasi antar layanan akan segera dilakukan dalam waktu dekat. Hal itu ia sampaikan ketika menguji coba kartu transportasi dan aplikasi JakLingko pada Selasa (31/8/2021).

"Target untuk sistem kami akan bisa digunakan untuk tarif terintegrasi yang seperti Pak Wagub sampaikan adalah rekomendasi tarif terintegrasi berbasis jarak dimulai Rp2.500 (sebagai boarding fee) dan Rp500/km dengan tarif maksimum Rp10 ribu untuk kombinasi transportasi urban dan apabila transportasi sub-urban menjadi Rp15 ribu," ujar Kamal  seperti dikutip dalam siaran pers.

Baca Juga: Integrasi Antarmoda Transportasi Kunci Program Jak Lingko

1. Wagub DKI apresiasi pelaksanaan uji coba

Wagub Riza Jajal Sistem Integrasi Tiket JakLingkoWakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (IDN Times/Aryodamar)

Riza Patria yang juga ikut uji coba itu mengapresiasi sistem integrasi transportasi empat moda yang secara bertahap telah terintegrasi. Disisi lain, Riza juga memuji penggunaan superapp yang menyatukan empat moda transportasi sekaligus.

"Sangat mudah, cepat di user. Sangat baik sekali kegunaannya bisa melalui aplikasi dan tiket, harganya juga sangat terjangkau Rp10 ribu untuk semua dalam waktu 3 jam. Kita bersyukur mudah-mudahan ke depan DKI Jakarta tidak hanya memiliki transportasi publik yang baik yang ramah yang bersih tepat waktu namun juga memiliki sistem ticketing yang terintegrasi. Jadi tidak perlu lagi repot-repot dan dapat dijangkau dengan harga yang murah." kata Riza.

Baca Juga: Wagub DKI Riza Patria: Belajar Tatap Muka Dimulai dari Kampus Dulu  

2. Empat transportasi umum bakal terintegrasi satu tiket perjalanan

Wagub Riza Jajal Sistem Integrasi Tiket JakLingkoIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Beta testing aplikasi superapps JakLingko dilakukan secara bertahap untuk menguji journey planner dari empat moda transportasi umum dalam satu tiket perjalanan. Empat moda yang terhubung diantaranya Transjakarta, MRT, Commuterline, dan LRT. Pada aplikasi, pengguna bisa memilih rute tercepat dan rute termurah, dengan rincian waktu perjalanan dan total biaya yang ditempuh.

Adapun, rute yang ditempuh pada uji coba terbatas Hari Ini mulai dari Stasiun MRT Bundaran HI menuju Stasiun Integrasi Dukuh Atas, dilanjutkan berjalan kaki menuju Stasiun Sudirman (KCI) dan naik Commuterline menuju Stasiun Manggarai. Perjalanan dilanjutkan menaiki Transjakarta Manggarai menuju Halte Pemuda Rawamangun yang terintegrasi dengan Stasiun LRT Velodrome hingga tujuan akhir Stasiun LRT Pegangsaan Dua.

3. Rakaian uji coba sudah dilakukan sejak 18 Agustus lalu

Wagub Riza Jajal Sistem Integrasi Tiket JakLingkoIlustrasi bus Transjakarta (IDN Times/Arief Rahmat)

Rangkaian Uji Coba terbatas telah dilakukan sejak 18 Agustus lalu. Sejumlah rute pun dijajal di sejumlah titik, mulai dari koridor 1 Transjakarta yaitu Halte Transjakarta Dukuh Atas 1, Halte Transjakarta Monas, Stasiun MRT Bundaran HI, Stasiun integrasi Dukuh Atas, Stasiun Sudirman (KCI) dan Stasiun Manggarai (KCI), hingga Stasiun LRT Velodrome-Pegangsaan Dua.

Sejumlah pihak yang ikut melakukan uji coba terbatas diantaranya Kementerian Perhubungan, BPTJ, Dinas Perhubungan, DTKJ, TGUPP Pemprov DKI, seluruh Direksi operator transportasi, pengamat transportasi serta berbagai komunitas transportasi.

Baca Juga: Syarat Baru Naik Transjakarta, Wajib Tunjukkan Sertifikat Vaksin COVID

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya