WatchDoc Menang Penghargaan Ramon Magsaysay dari Filipina

Penghargaan ini kerap disebut Hadiah Nobel versi Asia

Jakarta, IDN Times - Rumah produksi WatchDoc berhasil memenangkan penghargaan Ramon Magsaysay Award Foundation dalam kategori Emergent Leadership. Karya-karya WatchDoc dinilai masuk ke dalam kelompok jurnalisme investigasi dengan platform baru dalam menyoroti masalah sosial, lingkungan hingga hak asasi manusia.

Pendiri WatchDoc, Dandhy Dwi Laksono, mengatakan penghargaan ini diibaratkan seperti kontrak sosial bagi mereka. Menurutnya, penghargaan ini bisa jadi pengingat agar WathcDoc tak menjadi sosok yang tidak baik

"Ini lebih pada kontrak sosial daripada sebuah penghargaan kalau melihat rekam jejak penghargaan ini yang diberikan kepada orang yang sudah melakukan, sedangkan kita di tengah-tengah melakukan sesuatu, bahkan di fase awal," ujar Dhandy seperti dikutip dari kanal YouTube WatchDoc, Selasa (31/8/2021).

1. Ramon Magsaysay Award Foundation apresiasi WatchDoc

WatchDoc Menang Penghargaan Ramon Magsaysay dari FilipinaRumah produksi WatchDoc mendapatkan Ramon Magsaysay Awardee. (Tangkapan layar dari kanal YouTube Watchdoc Documentary)

Presiden Ramon Magsaysay Award Foundation, Susah Afan, memuji kerja WatchDoc. Sebab, baru berusia 10 tahun tapi sudah punya pengaruh terhadap banyak orang.

“Karya-karya Watchdoc mengangkat sesuatu yang tak banyak dibicarakan atau dihindari orang, dan mendistribusikannya kepada generasi baru,” kata Susan Afan.

Baca Juga: Ini 4 Hal Soal Dandhy Laksono, Pendiri Watchdoc yang Peduli Isu HAM

2. Komnas HAM apresiasi penghargaan yang diraih WatchDoc

WatchDoc Menang Penghargaan Ramon Magsaysay dari FilipinaIDN Times/Margith Juita Damanik

Keberhasilan WatchDoc meraih penghargaan tersebut juga diapresiasi Komnas HAM. Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik mengatakan karya WatchDoc menggambarkan kekuatan masyarakat sipil yang selalu berjuang menegakkan hak asasi manusia.

“Film dapat menjadi salah satu medium penyampaian yang berkekuatan untuk menggaungkan HAM dan keberhasilan teman-teman Watchdoc Documentary ini dapat menjadi semangat insan-insan pembela HAM untuk terus berjuang, Selamat Watchdoc!” ungkapnya.

3. Masyarakat Indonesia dinilai pantas berbangga dengan WatchDoc

WatchDoc Menang Penghargaan Ramon Magsaysay dari FilipinaIDN Times/Dini Suciatiningrum

Menurut Taufan, seluruh bangsa Indonesia pantas bangga dengan pencapaian Watchdoc. Sebab, penghargaan ini sering dianggap sebagai Hadiah Nobel versi Asia.

"Ini berarti perjuangan advokasi Watchdoc melalui sejumlah karya jurnalisme investigasinya diketahui bahkan diapresiasi oleh mancanegara. Semoga prestasi yang ditorehkan Watchdoc dapat terus mendorong daya juang untuk hak asasi manusia bangsa Indonesia," imbuhnya.

Baca Juga: Gak Cuma Sexy Killers, 11 Film Dokumenter Watchdoc Ini Juga Keren 

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya