[BREAKING] Jenazah Buya Syafii Dibawa ke Pemakaman, Ramai Pelayat  

Syafii Maarif dimakamkan di makam Muhammadiyah

Jakarta, IDN Times - Iring-iringan pengantaran jenazah Buya Syafii Maarif mulai dilakukan. Hal ini digelar usai dilakukan salat jenazah yang turut diikuti Presiden Jokowi.

Menurut rencana, almarhum Buya Syafii akan dimakamkan di Taman Makam Husnul Khotimah Muhammadiyah yang terletak di Dusun Dukuh, Kalurahan Donomulyo, Kapanewon Nanggulan, Kabupaten Kulonprogo, DIY sore ini.

"Hari ini ada pemakaman dari bapak (almarhum) Buya Syafii. Tadi dapat info saya untuk pemakaman di sini. Untuk proses pemakaman sudah selesai," kata Penjaga Taman Makam Husnul Khotimah Muhammadiyah, Arifin, Jumat (27/5/2022).

Dikatakan Arifin, proses penggalian pusara bagi mantan Ketua PP Muhammadiyah, Buya Syafii Maarif, berlangsung selama tiga jam. Untuk jadwal pemakaman sendiri rencananya dilaksanakan usai dilakukan salat Ashar.

Berdasarkan info yang dihimpun, pelayat terus berdatangan ke pemakaman. Sementara posisi jenazah saat ini tengah dalam perjalanan ke tempat peristirahatan terakhir.

Berdiri sejak 2 tahun silam, Taman Makam Husnul Khotimah sendiri merupakan tempat pemakaman anggota Muhammadiyah. Area pemakaman sendiri luasnya sekitar 1 hektare dan sudah terisi 25 makam.

"Ditambah nanti jadi 26 untuk almarhum Buya ya. Untuk saat ini sudah terisi 25. Soal pejabat yang akan datang belum tahu ya. Yang jelas ini informasinya baru sekadar jam berapa nanti pelaksanaannya," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Cendekiawan muslim Ahmad Syafii Maarif atau biasa dipanggil Buya Syafii wafat. Buya wafat di RS PKU Muhammadiyah Gamping siang ini. Kabar duka itu diungkapkan oleh Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir.

"Muhammadiyah dan bangsa Indonesia berduka. Telah wafat Buya Prof Dr H Ahmad Syafii Maarif pada hari Jumat tanggal 27 Mei 2022 pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping," kata Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dalam keterangan resminya, Jumat (27/5/2022).

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya