Comscore Tracker

Menteri Bintang Bongkar Peran Penting Tjahjo Kumolo di UU TPKS 

Menteri Bintang dampingi di saat-saat terakhir Tjahjo

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga, menyinggung soal peranan penting mendiang Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo perihal disahkannya RUU TPKS yang kini sudah disahkan sebagai undang-undang. UU TPKS sendiri diketahui mengatur tentang tindak pidana kekerasan seksual.

"Sangat, (Tjahjo Kumolo) sangat support. Karena itu kan terkait dengan kelembagaan unit pelaksana teknis daerah (UPTD) perlindungan perempuan dan anak, itu kan ada kaitannya dengan Kemenpan RB ya. Kalau kita bicara kelembagaan itu dikawal terus kok," kata Bintang Puspayoga saat diwawancarai usai kunjungannya ke rumah duka mendiang Tjahjo Kumolo, Sabtu (2/7/2022).

Bintang menambahkan, soal koordinasi antara kementerian maupun kelembagaan negara mendiang Tjahjo Kumolo tidak pernah kendur dalam melaksanakannya.

"Ya almarhum luar biasa. Kalau kami ini di Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ini kan kementerian koordinasi. Nah, koordinasi setiap tindak lanjutnya sangat cepat. Seperti mengawal kemarin dalam UU TPKS itu luar biasa beliau.," ujar Bintang.

Saat upaya koordinasi dilakukan, kata Bintang, jika mendiang Tjahjo Kumolo tidak bisa hadir dalam sebuah rapat koordinasi pasti diutus pejabat yang berkaitan seperti deputi atau pejabat penting lainnya di lingkungan Kementerian PAN-RB.

"Kadang-kadang kalau toh misalnya yang mewakili dari yang dikirim dari Menpan RB seperti deputinya kemudian dari staf ahlinya, tapi (Tjahjo Kumolo) tetap mantau gimana perkembangannya Bu Bintang, gitu. Jadinya, beliau sebagai pimpinan tetap juga mengawal daripada proses koordinasi yang kita lakukan kepada Kementerian PAN-RB," ucap Bintang.

Menteri Bintang mengaku jika dirinya sempat menjenguk Tjahjo Kumolo saat dirawat di rumah sakit. Bahkan, di saat-saat terakhir sebelum mendiang Tjahjo Kumolo dinyatakan wafat juga dirinya ada di rumah sakit bersama dengan Erni Guntatri.

"Saya sempat membesuk kemudian di saat-saat terakhir juga saya ada di sana ya sama Bu Erni dan keluarga. Di saat-saat Pak Tjahjo terakhir," ujar Bintang.

Baca Juga: Menteri PUPR: Semasa Kerja, Tjahjo Kumolo Tak Pernah Berkata No

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya