Selandia Baru Umumkan Buka Perbatasan Internasional Akhir Juli 2022

Selandia Baru dorong kebangkita pariwisata mereka

Jakarta, IDN Times - Perdana Menteri Jacinda Ardern memutuskan untuk membuka akses perbatasan di negaranya setelah sebelumnya ditutup imbas kasus COVID-19 yang tinggi.

Pengumuman tersebut cukup mengejutkan karena pemerintah setempat memutuskan untuk membuka perbatasan dua bulan lebih awal dari rencana sebelumnya. Pada awal bulan ini, bahkan Selandia Baru mulai membuka diri bagi turis yang berasal dari lebih dari 50 negara.

Baca Juga: Australia Buka Perbatasan Internasional Demi Pulihkan Ekonomi

1. Surat hasil tes COVID-19 diperlukan sebagai syarat masuk

Selandia Baru Umumkan Buka Perbatasan Internasional Akhir Juli 2022Ilustrasi petugas medis melakukan rapid tes antigen COVID-19 (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Meski dilakukan pembukaan perbatasan, Selandia Baru juga tetap menerapkan pesyaratan yang ketat bagi WNA yang akan masuk ke wilayah mereka. 

"Bagi warga negara asing (WNA) dan warga negara Selandia Baru tetap harus menyertakan dokumen kesehatan berupa surat keterangan negatif COVID-19," ujar Jacinda Ardern dikutip dari Al Jazeera, Rabu (11/5/2022)

Dikatakan Ardern, dibukanya kembali perbatasan menuju Selandia Baru diharapkan mampu berdampak positif kepada bangkitnya sektor pariwisata. Imigrasi setempat diharapkan mampu beradaptasi dengan keputusan dibukanya kembali perbatasan.

"Kami sedang membangun rencana untuk mendongkrak ekonomi Selandia Baru yang lebih cerah di kemudian hari," sambung Jacinda.

Baca Juga: Venezuela Tolak Upaya Pembukaan Perbatasan Kolombia

2. Penutupan perbatasan diniliai tidak relevan untuk tekan kasus COVID-19

Selandia Baru Umumkan Buka Perbatasan Internasional Akhir Juli 2022Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen tiba untuk konferensi tingkat tinggi Uni Eropa pertama setelah penyebaran penyakit virus korona (COVID-19) di Brussels, Belgia, Sabtu (18/7/2020) (ANTARA FOTO/Olivier Matthys/Pool via REUTERS)

Penutupan perbatasan menjadi upaya yang ditempuh oleh pemerintah Selandia Baru untuk mengontrol kasus COVID-19. Hal tersebut bukan tanpa alasan. Pasalnya, sejumlah negara yang berada di kawasan Pasifik Selatan sempat melaporkan adanya kasus kematian hingga 850 jiwa selama pandemik.

Isolasi yang dilakukan oleh Selandia Baru juga mau tidak mau akhirnya berdampak terhadap sejumlah sektor, khususnya pariwisata. Terlebih, penutupan perbatasan berdampak kepada terdamparnya warga Selandia Baru yang sedang berada di luar negeri.

"Saya rasa tidak sedikit warga Selandia Baru yang tidak sabar untuk kembali mampu keluar dari negaranya dan berwisata. Pemerintah juga tidak sabar untuk menyambut wisatawan dari luar masuk ke Selandia Baru," ujar Michael Plank, pakar statistik dari University of Canterbury.

Plank menuturkan jika COVID-19 masih menjadi momok di sektor kesehatan. Namun, langkah menutup sebuah perbatasan tidak lagi relevan. Terlebih, tingkat vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat kini sudah tinggi dan kekebalan kelompok sudah terbentuk.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Teratas di Napier, Selandia Baru yang Eksis Abis!

3. Minta syarat masuk Selandia Baru lebih longgar

Selandia Baru Umumkan Buka Perbatasan Internasional Akhir Juli 2022Nugget Point, Selandia Baru (IDN Times/Umi Kalsum)

General Manager Haka Tourism Group Eve Lawrence menyambut baik dibukanya perbatasan Selandia Baru. Namun, dirinya tetap tidak puas dengan langkah yang diambil oleh pemerintah Selandia Baru untuk tetap mewajibkan masyarakat yang masuk ke Selandia Baru untuk membawa dokumen kesehatan berupa surat negatif COVID-19.

"Kami mendorong agar pemerintah Selandia Baru untuk meringankan syarat perjalanan bagi pelaku perjalanan internasional. Kami yakin warga negara Selandia Baru juga senang perbatasan dibuka kembali," ungkap Eve.

Eve mengungkapan dengan dibukanya kembali perbatasan mampu berdampak positif terhadap sejumlah sektor. Di antaranya, pariwisata, perhotelan, agrikultur.

"Pebisnis juga bisa tersenyum menyambut musim panas tahun ini," terang Eve.

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya