1,2 Juta Vaksin yang Baru Datang untuk Siapa? Ini Kata Menkes Terawan

Penggunaan vaksin COVID-19 masih menunggu evaluasi BPOM

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 1,2 juta vaksin COVID-19 Sinovac telah tiba di Indonesia. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengungkapkan bahwa vaksin tersebut akan pertama kali diberikan kepada tenaga kesehatan.

"Untuk vaksin kiriman pertama ini nanti yang pertama akan mendapat sasaran adalah tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang yang bekerja pada fasilitas-fasilitas pelayanan kesehatan," kata Terawan dalam konferensi pers virtual, Senin (7/12/2020).

1. Vaksin akan didistribusikan di gudang Dinas Kesehatan Provinsi

1,2 Juta Vaksin yang Baru Datang untuk Siapa? Ini Kata Menkes TerawanVaksin Sinovac (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Terawan menjelaskan, Kementerian Kesehatan telah menyiapkan jumlah sasaran dan kebutuhan vaksin per kabupaten/kota. Data-data tersebut akan dimasukkan dalam sistem informasi PTPN dalam bentuk nama dan alamat dari penerima vaksin. Selain itu, pemerintah juga telah membahas pelaksanaan distribusi vaksin dalam rangka menjaga kualitasnya.

"Sesuai dengan rencana distribusi vaksin COVID-19 telah dibahas bersama bahwa untuk skema program vaksinasi, maka vaksin di distribusikan ke gudang vaksin di Dinas Kesehatan Provinsi," jelas dia.

Baca Juga: [LINIMASA] Perkembangan Terbaru Vaksin COVID-19 di Dunia

2. Terawan tegaskan pemerintah hanya menyediakan vaksin yang aman dan teruji

1,2 Juta Vaksin yang Baru Datang untuk Siapa? Ini Kata Menkes TerawanIlustrasi Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Lebih lanjut Terawan menegaskan bahwa pemerintah hanya akan memberikan vaksin yang telah teruji kepada masyarakat. Pemberian vaksin juga akan dilakukan usai mendapat restu penggunaan darurat atau emergency use authority (EUA) dari Badan POM.

"Pemerintah hanya menyediakan vaksin yang terbukti aman dan teruji secara klinis dan rekomendasi WHO (World Health Organization)," tegas dia.

3. Ada 1,2 juta vaksin COVID-19 bentuk jadi tiba di Indonesia

1,2 Juta Vaksin yang Baru Datang untuk Siapa? Ini Kata Menkes TerawanVaksin Sinovac (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Diberitakan sebelumnya, sebanyak 1,2 juta vaksin Sinovac dalam bentuk jadi tiba di Indonesia. Vaksin ini tiba kisaran pukul 21.30 WIB di Soeakrno-Hatta.

"Saya ingin menyampaikan satu kabar baik, satu kabar baik bahwa hari ini pemerintah sudah menerima 1,2 juta dosis vaksin COVID-19. Vaksin ini buatan Sinovac, yang kita uji secara klinis di Bandung sejak Agustus 2020 yang lalu," ujar presiden Joko "Jokowi" Widodo dalam video yang ditayangkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3M: Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan, atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times.

Baca Juga: Tiba di Indonesia, Vaksin Sinovac Masih Tunggu Evaluasi BPOM dan MUI

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya