Ada Demo di Sekitar Istana, Ini Daftar Rute yang Dialihkan

Akan ada aksi demo juga di Kedutaan Besar Prancis, Jakarta

Jakarta, IDN Times - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyiapkan pengalihan arus lalu lintas di sekitar kawasan Istana Merdeka untuk mengantisipasi aksi buruh yang kontra terhadap Undang-Undang (UU) Cipta Kerja.

"Hindari Kawasan Istana Merdeka dan Jalan MH Thamrin," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo seperti dikutip dari Antara, Senin (2/11/2020).

1. Sejumlah serikat kerja bakal melakukan aksi demo di kawasan Monas dan MK

Ada Demo di Sekitar Istana, Ini Daftar Rute yang DialihkanIlustrasi buruh. IDN Times/Debbie Sutrisno

Sejumlah serikat pekerja seperti KSPI, FSPMI, FSP KEP, SPN, dan ASPEK Indonesia akan menyampaikan pendapat di muka umum di sekitar kawasan Silang Monumen Nasional (Monas) dan Mahkamah Konstitusi (MK).

Sementara itu, massa dari Front Pembela Islam (FPI) dan PA 212 juga akan menyampaikan orasi di depan Kedutaan Besar Prancis, Jakarta Pusat. Aksi itu imbas dari pernyataan Presiden Prancis Emmanuel Macron yang dianggap menghina agama Islam.

Baca Juga: Unjuk Rasa Tolak UU Cipta Kerja, Polda Metro Kerahkan 12 Ribu Personel

2. Rute pengalihan lalu lintas yang disiapkan

Ada Demo di Sekitar Istana, Ini Daftar Rute yang DialihkanPengalihan arus TransJakarta (Dok. Humas TransJakarta)

Berikut rute pengalihan lalu lintas yang disiapkan:

- Arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan menuju ke Jalan Veteran III diluruskan ke Traffic Light Harmoni.

- Arus lalu lintas dari Jalan Merdeka Timur yang akan menuju ke Jalan Medan Merdeka Utara dibelokkan ke kanan ke Jalan Perwira.

- Arus lalu lintas dari Jalan Ridwan Rais yang akan menuju ke Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur.

- Arus lalu lintas dari Jalan MH Thamrin yang akan menuju ke Patung Kuda Arjuna Wiwaha dibelokkan ke kiri atau ke kanan Jalan Kebon Sirih.

- Arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok ke kiri ke Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Fachrudin dan arus lalu lintas dari Jalan Fachrudin yang akan belok ke kanan ke Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Abdul Muis.

- Arus lalu lintas dari Jalan Tanah Abang II yang akan lurus ke Jalan Museum dibelokkan ke kiri maupun ke kanan, arus lalu lintas dari Jalan Majapahit yang akan belok ke kiri ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Abdul Muis dan arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis yang akan belok kanan ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Majapahit.

- Arus lalu lintas dari Jalan Hayam Wuruk yang akan lurus ke Jalan Majapahit dibelokkan ke kiri ke Jalan Juanda dan arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang akan belok kiri ke Jalan Majapahit diluruskan ke Jalan Suryo Pranoto maupun dibelokkan ke kanan Jalan Gajah Mada.

3. Selain demo UU Cipta Kerja, buruh juga suarakan kenaikan UMP 2021

Ada Demo di Sekitar Istana, Ini Daftar Rute yang DialihkanUnjuk rasa menolak Omnibus Law di Tugu Pos, Medan, Selasa (21/2/2020). (IDN Times/Prayugo Utomo)

Diberitakan sebelumnya, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan aksi buruh pada hari ini juga akan menyuarakan suara para buruh terkait UMP 2021.

“Tuntutan yang akan disuarakan adalah, batalkan omnibus law UU Cipta Kerja dan menuntut agar upah minimum tahun 2021 (UMP, UMK, UMSP, dan UMSK) tetap naik," ujarnya.

Baca Juga: Curhat Buruh: May Day 2020 Paling Kelam Bagi Buruh

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya