Belum Genap Sebulan, Budi Gunadi Ungkap Rasanya Jadi Menteri Kesehatan

Tanggung jawab sebagai pejabat negara memang besar

Jakarta, IDN Times - Sudah hampir satu bulan Budi Gunadi Sadikin (BGS) menjabat Menteri Kesehatan, semenjak dilantik Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada 23 Desember 2020. Selama itu juga, mantan Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini punya pengakuan.

"Terus terang, saya begitu jadi menteri, saya merasakan hidup sebagai CEO adalah jauh lebih baik dibandingkan jadi menteri kesehatan," ujarnya dalam Kompas 100 CEO Forum yang disiarkan secara virtual, Kamis (21/12/2021).

"Tiga minggu rasanya jadi Menkes, rasanya seperti 30 tahun sebagai seorang CEO," sambung Budi, tertawa.

Baca Juga: Menkes Budi Gunadi Beberkan Tiga Fakta Varian Baru Virus Corona 

1. Budi Gunadi minta dukungan semua pihak dalam penanganan pandemik COVID-19

Belum Genap Sebulan, Budi Gunadi Ungkap Rasanya Jadi Menteri KesehatanPelantikan Menteri dan Wamen Kabinet Indonesia Maju, Kepala BNN dan Kepala BRGM di Istana Negara pada Rabu (23/12/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Budi mengakui tugasnya pada masa pandemik saat ini tidak mudah. Oleh sebab itu, dia meminta kepada semua pihak untuk membantu pemerintah dalam menangani pandemik COVID-19.

"Saya janji akan berbicara transparan. Saya gak bisa sendiri (menangani pandemik COVID-19), butuh bersama-sama, dan saya gak bisa hanya bisa bikin program pemerintah saja, tapi juga gerakan bagi seluruh bangsa kita," ucap dia.

2. Jokowi lantik enam menteri baru, salah satunya Budi Gunadi

Belum Genap Sebulan, Budi Gunadi Ungkap Rasanya Jadi Menteri KesehatanPelantikan Menteri dan Wamen Kabinet Indonesia Maju, Kepala BNN dan Kepala BRGM di Istana Negara pada Rabu (23/12/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Sebagai informasi, Presiden Jokowi telah melantik enam menteri barunya di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu, 23 Desember 2020 pukul 09.30 WIB. Pelantikan menteri Kabinet Indonesia Maju hari ini berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 133/P/2020, tentang Pengisian dan Penggantian Beberapa Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024.

Berikut enam menteri baru hasil reshuffle yang mengisi kursi Kabinet Indonesia Maju:

1. Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial
2. Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
3. Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan
4. Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama
5. Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan
6. Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan.

3. Profil Menkes Budi Gunadi Sadikin

Belum Genap Sebulan, Budi Gunadi Ungkap Rasanya Jadi Menteri KesehatanMenteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (Dok. Humas KPK)

Sebelum menjadi birokrat, Menkes Budi juga pernah berpengalaman sebagai CEO, salah satunya adalah sebagai CEO PT Bank Mandiri (Persero).

Dari sisi pendidikan, pria kelahiran 1964 ini meraih gelar fisika nuklir dari Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 1988. Budi Gunadi juga meraih gelar pendidikan ekonominya dari Washington University, Amerika Serikat.

Dia mulai merintis IBM Asia-Pacific HQ, Tokyo pada 1988, kemudian kembali ke Indonesia dengan jabatan terakhir sebagai System Integration and Professional Services Manager IBM Indonesia pada 1994.

Perjalanan karier Budi Gunadi terbilang mulus, berbagai jabatan telah didapatkan. Budi dipercaya menjadi General Manager Banking, Chief General Manager wilayah Jakarta, dan Chief General Manager bidang Sumber Daya Manusia di Bank Bali (sekarang Bank Permata).

Kemudian, Budi Gunadi juga pernah menjabat sebagai Senior Vice-President Director, Consumer and Commercial Banking, ABN AMRO Bank Indonesia & Malaysia hingga 2004. Selanjutnya, dia bergabung dengan EVP, Head of Consumer Banking di Bank Danamon dan Direktur Adira Quantum Multi Finance hingga 2006.

Baca Juga: Sisi Lain Menkes Budi Gunadi, Keluarga dan Kerja Tak Sesuai Bidang

https://www.youtube.com/embed/4-W-Vig3J1I

Topik:

  • Hana Adi Perdana
  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya