BMKG: Gempa di Aceh Tidak Berpotensi Tsunami

Tetap tenang dan tidak termakan informasi yang tidak benar

Jakarta, IDN Times - Gempa bumi dengan magnitudo 5,0 mengguncang wilayah Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh pada Kamis sekitar pukul 20.53 WIB. Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut tak berpotensi tsunami.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Aceh Besar, Dhati Cipto Kuncoro mengatakan gempa bumi tersebut terletak pada koordinat 4.86 Lintang Utara dan 96.08 Bujur Timur.

"Atau tepatnya berlokasi di darat, pada jarak 26 kilometer Barat Daya Kabupaten Pidie Jaya pada kedalaman 10 kilometer," kata Djati seperti dikutip dari Antara, Jumat (21/8/2020).

1. Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis dangkal

BMKG: Gempa di Aceh Tidak Berpotensi TsunamiGempa Mag 5.2 di LS,103.02 BT (250 km Tenggara ENGGANO-BENGKULU) pada 7 Juli 2020 (Twitter.com/@BMKG)

Djati mengungkapkan, setelah memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis dangkal. Gempa itu dipicu oleh aktivitas sesar Sumatera pada segmen Aceh.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa peristiwa gempa bumi tersebut memiliki mekanisme pergerakan geser. Akibatnya, masyarakat merasakan guncangan khususnya di wilayah Banda Aceh dan Pidie Jaya dengan skala intensitas III MMI. Kemudian juga di Nagan Raya, Bener Meriah, Aceh Jaya dengan skala intensitas II MMI.

"Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut. Gempa ini tidak berpotensi tsunami," jelas Djati.

Baca Juga: Sinabung Erupsi, Gempa Tremor dan Vulkanik Masih Berlangsung

2. Belum terlihat potensi gempa susulan

BMKG: Gempa di Aceh Tidak Berpotensi TsunamiIlustrasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Hasil pemantauan BMKG sampai saat ini, belum terlihat adanya potensi gempa susulan. Namun demikian, warga tetap diimbangi tenang dan tidak terpengaruh oleh informasi yang tidak jelas.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pidie Jaya Okta Handipa mengatakan bahwa masyarakat merasakan gempa tersebut.

"Iya informasi saya dapat gempa magnitudo 5,0 dengan kedalaman sekitar 10 kilometer, jadi wajar kalau memang sangat terasa," kata Okta.

3. Belum ada laporan warga terdampak

BMKG: Gempa di Aceh Tidak Berpotensi TsunamiIlustrasi Berlindung Saat Gempa (IDN Times/Sukma Shakti)

Sampai saat ini, kata Okta, belum ada laporan terkait warga yang menjadi korban dari gempa tersebut. Tim Pusdalops BPBD Pidie Jaya tengah melakukan pemantauan di lapangan terhadap kondisi masyarakat.

"Saya belum dapa informasi ada terdampak atau tidak, sedang kita monitor di lapangan untuk mengumpulkan informasi," ujarnya.

Baca Juga: [BREAKING] Gempa 5.0 SR Guncang Banda Aceh, Tidak Berpotensi Tsunami

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya