BMKG: Sebagian Jakarta dan Jawa Barat Akan Diguyur Hujan Hari Ini

Hujan sedang bakal terjadi di sepanjang siang hari

Jakarta, IDN Times - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi, sebagian wilayah DKI Jakarta akan diguyur hujan sedang dan ringan. Tidak hanya Jakarta, sebagian wilayah di Jawa Barat juga bakal diguyur hujan sedang dan ringan pada Rabu (4/3) siang hingga dini hari nanti.

Berdasarkan informasi BMKG di laman bmkg.co.id, cuaca di sebagian Jakarta pada siang hari akan dilanda hujan. Sedangkan pada malam hari, hanya wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur yang akan diguyur hujan ringan. Suhu di Jakarta pada saat itu berkisar antara 24-32 derajat celsius dengan kelembapan 70-100 persen.

Baca Juga: Cuaca Indonesia 04 Maret 2020: Jawa Timur Berawan Pagi Hari, Berawan Sore Hari

1. Sebagian wilayah Jawa Barat bakal diguyur hujan pada siang hari

BMKG: Sebagian Jakarta dan Jawa Barat Akan Diguyur Hujan Hari IniIlustrasi Hujan (IDN Times/Sunariyah)

Sementara itu, sebagian wilayah di Jawa Barat seperti Bandung, Bekasi, Cianjur, Cirebon, Depok, Bogor, Karawang, Sukabumi hingga Tasikmalaya diprediksi bakal terjadi hujan di siang hari. Sementara itu, pada malam hari sebagian wilayah tersebut berawan. Suhu di sebagian wilayah Jawa Barat saat itu berkisar 20-32 derajat celsius dengan kelembapan 70-95 persen.

Selain Jawa Barat, BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk wilayah Aceh, Banten, Gorontalo hingga Jawa Timur. Diprediksi bakal terjadi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin.

2. Waspada potensi hujan lebat pada 1-7 Maret 2020

BMKG: Sebagian Jakarta dan Jawa Barat Akan Diguyur Hujan Hari IniIDN Times/Sukma Shakti

BMKG menyampaikan, potensi cuaca ekstrem masih dapat terjadi hingga Maret ini. Berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer terkini, pola tekanan rendah di wilayah Belahan Bumi Selatan (BBS) masih cukup aktif berpengaruh pada pembentukan potensi cuaca ekstrem di wilayah Indonesia.

Keberadaan daerah tekanan rendah di psisir Australia Barat bagian utara dan di Samudera Hindia selatan Jawa Timur, serta sirkulasi angin tertutup di utara Papua Barat, menyebabkan pembentukan pola pertemuan massa udara yang memanjang dari perairan selatan Jawa Timur hingga selatan NTB.

Belokan angin juga terpantau terbentuk di sekitar wilayah Sumatera bagian utara dan selatan, Kalimantan Barat dan Tengah, Sulawesi bagian tengah, dan Maluku Utara.

Sementara itu, labilitas udara cukup kuat di beberapa wilayah Indonesia. Kondisi ini berkontribusi pada peningkatan konektivitas skala lokal terutama di Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua Barat, dan Papua.

Berdasarkan kondisi tersebut di atas, BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan, curah hujan dengan intensitas lebat yang terjadi secara kontinu disertai kilat/petir berpotensi terjadi.

3. Masyarakat diimbau tetap waspada banjir

BMKG: Sebagian Jakarta dan Jawa Barat Akan Diguyur Hujan Hari IniKondisi banjir kawasan Jakarta Barat pada Rabu (1/1). (IDN Times/Lia Hutasoit)

Dengan kondisi cuaca ekstrem seperti itu, BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan, curah hujan dengan intensitas lebat.

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin," imbau BMKG dalam keterangan resminya.

Baca Juga: BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem Terjadi Mulai 25 Februari Hingga 2 Maret

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya