[CUACA] Jakarta Cerah Berawan, Cuaca Ekstrem Masih Mengintai Indonesia

Jawa Barat berpotensi hujan lebat

Jakarta, IDN Times - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi terjadi hujan lokal pagi ini di seluruh wilayah DKI Jakarta. Demikian dikutip IDN Times dari laman BMKG.co.id, Senin (2/3). 

Berdasarkan informasi BMKG, cuaca di Jakarta memasuki siang hari akan cerah berawan. Kondisi itu juga diprediksi akan terjadi hingga malam hari. Suhu di Jakarta pada saat itu berkisar di 24-33 derajat celsius dengan kelembapan 70-95 persen.

1. BMKG prediksi masih akan terjadi hujan lebat selama periode 25 Februari-2 Maret 2020

[CUACA] Jakarta Cerah Berawan, Cuaca Ekstrem Masih Mengintai IndonesiaIDN Times/Sukma Shakti

Dalam keterangan tertulis sebelumnya, BMKG memprediksi potensi cuaca ekstrem masih dapat terjadi hingga periode Maret mendatang. Berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer terkini, pola tekanan rendah di wilayah Belahan Bumi Selatan (BBS) masih cukup aktif berpengaruh pada pembentukan potensi cuaca ekstrem di wilayah Indonesia.

Sementara itu labilitas udara cukup kuat di beberapa wilayah, kondisi ini berkontribusi pada peningkatan konektivitas skala lokal terutama di Pesisir Barat Sumatera, Aceh, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, sebagian besar Jawa, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Baca Juga: Daripada Rebahan, Coba Lakukan 5 Hal Bermanfaat Ini Ketika Hujan!

2. Masyarakat diimbau tetap waspada banjir

[CUACA] Jakarta Cerah Berawan, Cuaca Ekstrem Masih Mengintai IndonesiaIlustrasi Banjir (IDN Times/Lia Hutasoit)

Dengan kondisi cuaca ekstrem seperti itu, BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan, curah hujan dengan intensitas labat.

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin," imbau BMKG dalam keterangan resminya.

3. Peringatan dini dikeluarkan BMKG untuk wilayah Jawa Barat hingga Bali

[CUACA] Jakarta Cerah Berawan, Cuaca Ekstrem Masih Mengintai IndonesiaIDN Times/Sukma Shakti

Peringatan dini dikeluarkan BMKG untuk wilayah Jawa Barat, Jawa Timur, Banten, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, hingga Bali.

Hujan sedang hingga lebat disertai petir/kilat dan angin kencang diprediksi terjadi di wilayah Bogor, Depok, Bekasi, Cianjur, Bandung, Kuningan, Ciamis, Cirebon, Banjar, Pangandaran, hingga Indramayu.

Peringatan yang sama juga berlaku di wilayah Bali. Gelombang tinggi mencapai 2 meter atau lebih di Laut Bali, Selat Bali bagian Selatan, Selat Lombok bagian Selatan, Samudera Hindia Selatan Bali.

Baca artikel menarik lainnya di IDN App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Jabodetabek Hari ini 02 Maret 2020, Sebagian DKI Jakarta Bakal Cerah Berawan

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya