Disuntik Vaksin COVID-19, Jokowi: Setelah Dua Jam Agak Pegal Sedikit

"Nggak terasa apa-apa, waktu suntik ya."

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah divaksin COVID-19 pada Rabu (13/1/2021) pagi. Dalam kesempatan tersebut, Presiden bersyukur telah melakukan vaksinasi.

"Syukur alhamdulillah pagi tadi sudah terlaksana dan vaksinasi berjalan baik," kata Jokowi seperti disiarkan channel YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (13/1/2021).

Lalu bagaimana pengakuan Jokowi usai divaksin?

1. Merasa sedikit pegal setelah dua jam

Disuntik Vaksin COVID-19, Jokowi: Setelah Dua Jam Agak Pegal SedikitPresiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Mantan Wali Kota Solo ini mengaku sedikit pegal setelah beberapa jam. Namun demikian, dia tidak merasakan efek samping yang berlebihan.

"Nggak terasa apa-apa, waktu suntik ya. Tapi setelah dua jam agak pegal dikit. Agak pegal dikit," ucap Jokowi seraya tersenyum.

Baca Juga: [BREAKING] Detik-detik Jokowi Disuntik Vaksin COVID-19

2. Jokowi terakhir divaksin saat mau berangkat haji

Disuntik Vaksin COVID-19, Jokowi: Setelah Dua Jam Agak Pegal SedikitPresiden Jokowi menerima vaksin COVID-19 pertama pada Rabu (13/1/2021) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Orang nomor satu di Indonesia ini mengaku terakhir kali diberikan vaksin saat hendak berangkat haji. Saat itu dia diberikan vaksin meningitis dan flu.

"Disuntik vaksin terakhir. Waduh. Sudah lama ya. Saya sudah lupa. Tapi mungkin pas mau haji itu," tutur dia.

3. Ingatkan pentingnya kedisiplinan protokol kesehatan

Disuntik Vaksin COVID-19, Jokowi: Setelah Dua Jam Agak Pegal SedikitPresiden Jokowi menerima vaksin COVID-19 pertama pada Rabu (13/1/2021) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Kendati proses vaksinasi telah berjalan, Presiden Jokowi mengingatkan masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin. Hal itu perlu dilakukan untuk membuat keadaan di Indonesia normal kembali.

"Pentingnya disiplin terhadap protokol kesehatan ini tetap kita lakukan memaki masker, mencuci tangan menjaga jarak dan menghidnari kerumunan," ujar dia.

Baca Juga: Curhat Dokter Penyuntik Jokowi: Meski Gemetar Proses Vaksinasi Lancar

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya