Erick Thohir Berikan Penghormatan Terakhir Kepada Jakob Oetama

Keluarga menerapkan protokol kesehatan untuk pelayat

Jakarta, IDN Times - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyambangi rumah duka Jakob Oetama di Jalan Sriwijaya V No. 40, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Kedatangannya sebagai bentuk penghormatan Erick kepada mendiang pendiri Harian Kompas tersebut.

Dikutip dari Antara, Rabu (9/9/2020), Erick tiba pukul 17.13 WIB. Ia langsung masuk ke rumah duka dan keluar pada pukul 17.19 WIB. Selanjutnya, Erick langsung meninggalkan kediaman mendiang Jakob tanpa memberikan pernyataan kepada awak media.

1. Keluarga terapkan protokol kesehatan

Erick Thohir Berikan Penghormatan Terakhir Kepada Jakob OetamaIlustrasi Protokol Kesehatan di era pandemik COVID-19 (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Pihak keluarga menerapkan protokol kesehatan bagi pengunjung yang datang untuk melayat. Erick Thohir misalnya, dia harus melewati bilik disinfektan sebelum masuk ke rumah duka.

Juru bicara keluarga Rusdi Amral mengatakan jenazah Jakob Oetama hanya disemayamkan sebentar di rumah duka untuk memberikan kesempatan kepada keluarga melaksanakan penghormatan dan doa terakhir.

"Keluarga mendapatkan kesempatan dua jam untuk memberikan doa dan penghormatan terhadap Pak Jakob Oetama," ujar Rusdi.

Baca Juga: [BREAKING] Dokter Tegaskan Jakob Oetama Tidak Terpapar COVID-19

2. Keluarga batasi kunjungan pelayan

Erick Thohir Berikan Penghormatan Terakhir Kepada Jakob OetamaJakob Oetama. Dok. Kompas Gramedia

Selain itu, lanjut Rusdi, pihak keluarga juga membatasi kunjungan bagi orang yang akan melayat serta waktu proses misa. Langkah tersebut dilakukan guna mencegah penyebaran COVID-19.

"Dalam hal ini kami menyampaikan kami sesungguhnya terbuka bagi sahabat relasi keluarga besar Kompas Gramedia memberikan penghormatan. Tapi kami memohon pengertian karena saat ini dalam situasi pandemik kita tidak diperkenankan berkerumun, berkumpul karena akan jadi potensi penularan COVID-19," ujar Rusdi.

Rusdi menambahkan, pihak keluarga juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang ikut mendoakan mendiang Jakob dari jauh.

"Tapi kami tetap terbuka segala lapisan masyarakat untuk melayat Pak Jakob dengan aturan yang ketat mengikuti protokol kesehatan," ujarnya.

3. Jakob Oetama akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan

Erick Thohir Berikan Penghormatan Terakhir Kepada Jakob OetamaJakob Oetama (Dok. Kompas Gramedia)

Seperti diberitakan sebelumnya, Jakob Oetama meninggal dunia hari ini di usia yang ke 88 tahun. Jurnalis senior ini meninggal di Rumah Sakit Mitra Keluarga, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Dari informasi yang dikabarkan Jurnalis Kompas Tv, Jenazah akan dibawa ke rumah duka untuk menggelar misa beberapa jam. Selanjutnya, akan disemayamkan di Gedung Kompas Gramedia Palmerah Selatan, Jakarta Pusat. Rencananya, Jakob Oetamo akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan, Jakarta Selatan, Kamis besok.

Baca Juga: Perjalanan Hidup Jakob Oetama, Tokoh Pers Nasional yang Sederhana

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya