Comscore Tracker

[FOTO] 5 Potret Terkini Gunung Semeru yang Mendebarkan  

Masyarakat diminta tidak beraktivitas di dekat Gunung Semeru

Jakarta, IDN Times - Gunung Semeru yang berdiri di Lumajang dan Malang, Jawa Timur, meletus pada Selasa (1/12/2020) dini hari. Luncuran lava pijar dan guguran awan panas mengarah ke Kobokan yang berada di sisi tenggara puncak kawah.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengatakan aktivitas Gunung Semeru masih fluktuatif. Saat ini Gunung dengan ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl) tersebut statusnya level II atau waspada.

Berdasarkan pengamatan Pos Pantau Gunung Api Semeru periode Kamis pukul 00.00-06.00 WIB, secara visual Gunung kabut 0-I hingga kabut 0-II.

Sementara itu asap kawah bertekanan sedang teramati berwarna putih dengan intensitas sedang dan tinggi, yakni 50-100 meter di atas puncak kawah. Gunung Semeru juga terpantau dominan tertutup kabut.

Yuk, lihat situasi terkini kondisi Gunung Semeru. 

1. Lahar pijar Gunung Semeru terlihat pada Rabu (2/12/2020). Terlihat lahar meleleh di lereng gunung

[FOTO] 5 Potret Terkini Gunung Semeru yang Mendebarkan  Guguran lava pijar Gunung Semeru terlihat dari Desa Oro Oro Ombo, Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur, Rabu (2/12/2020) (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

2. Sejumlah alat berat terkubur akibat lahar panas erupsi Gunung Semeru

[FOTO] 5 Potret Terkini Gunung Semeru yang Mendebarkan  Warga melihat alat berat yang terkubur akibat lahar panas erupsi Gunung Semeru di kawasan Besuk Kobokan, Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur, Rabu (2/12/2020) (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

3. Suasana jalan yang tertutup lahar panas Gunung Semeru

[FOTO] 5 Potret Terkini Gunung Semeru yang Mendebarkan  Suasana jalur lahar panas Gunung Semeru di kawasan Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur, Rabu (2/12/2020) (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

4. Sejumlah warga terdampak di sekitar Gunung Semeru mengungsi ke sejumlah fasilitas umum

[FOTO] 5 Potret Terkini Gunung Semeru yang Mendebarkan  Sejumlah warga tiba di pengungsian di SDN Supiturang 04 Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur, Kamis (3/12/2020) (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

5. Sejumlah hewan ternak mati akibat dampak dari debu erupsi Gunung Semeru

[FOTO] 5 Potret Terkini Gunung Semeru yang Mendebarkan  Hewan ternak mati terkapar di Desa Supiturang, Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur, Rabu (2/12/2020) (ANTARA FOTO/Seno)

Baca Juga: Awan Panas Guguran Gunung Semeru Berjarak Luncur 2 Ribu Meter

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya