IDI Ungkap Waktu yang Tepat Gunakan Masker untuk Orang Sehat

Kapan kita perlu pakai masker? Yuk mulai terapkan info IDI!

Jakarta, IDN Times - Pengumuman adanya dua warga negara Indonesia (WNI) yang terinfeksi virus corona membuat banyak masyarakat menjadi panik dan membuat mereka  menggunakan masker. Sayangnya, banyak orang yang dalam kondisi sehat belum bisa menempatkan penggunaan masker secara tepat. Sebab, banyak yang menggunakannya sepanjang waktu.

Anggota Satgas Waspada dan Siaga NcoV PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Erlina Burhan mengungkapkan aturan penggunaan masker yang tepat bagi orang sehat.

"Kapan orang serhat pakai masker? bilamana ada di kerumunan yang kita nggak tahu apakah ada di kerumunan itu yang terinfeksi (virus corona), itu boleh orang sehat pakai masker. Kalau di tepat yang lengang/sepi itu berlebihan orang (sehat) pakai masker," kata Erlina dalam acara Indonesi Lawyers Club (ILC) yang ditayangkan TvOne, Selasa (3/3).

1. Dia menekankan apa pentingnya mencuci tangan sebelum menyentuh bagian muka

IDI Ungkap Waktu yang Tepat Gunakan Masker untuk Orang Sehat(IDN Times/Sukma Shakti)

Selain penggunaan masker, Erlina menekankan pentingnya mencuci tangan kepada mayarakat. Apalagi jika tangan mereka menyentuh benda-benda yang rawat tercemar.

"Soal pegangan atau di lift, itu kemungkinan menyentuh ada dan tangan tercemar dan sering gak sadar tangan menyentuh mulut, hidung dan mata. Satu hal lain yang efektif adalah mencuci tangan dengan sabun. Kalaupun mencuci, jangan asal-asalan yang waktunya lima detik. Yang efektif direkomendasikan WHO ada 6 step dan itu durasinya 20-30 detik." jelas dia.

2. IDI sarankan masyarakat agar mempunyai kualitas tidur yang baik

IDI Ungkap Waktu yang Tepat Gunakan Masker untuk Orang SehatInstagram.com/Berbagai Sumber

Erlina menambahkan, masyarakat diimbau agar tidur tepat waktu dan tidak begadang. Sebab, kualitas tidur yang baik akan sangat membantu dalam sistem imun yang baik untuk melawan kuman dan virus.

"Tidur jangan sampai kurang. Jangan begadang lagi. Kalau tidak cukup tidur akan mempengaruhi sistem imun, artinya mempengaruhi stamina. Itu (imun yang baik) akan bisa melawan kuman dan virus," tutur dia.

Baca Juga: Begini Cara Efektif Menggunakan Masker yang Benar

3. Eijkman juga imbau agar masyarakat, khususnya orang sehat memahami aturan penggunaan masker

IDI Ungkap Waktu yang Tepat Gunakan Masker untuk Orang Sehat(Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Amin Soebandrio) IDN Times/Dini Suciatiningrum

Senada dengan Erlina, Kepala Lembaga Biologi Molekuler Eijkman Prof.dr. Amin Soebandrio mengimbau agar masyarakat, khususnya orang sehat bisa memahami waktu yang tepat untuk menggunakan masker. Sebab, ketidaktahuan itu malah memicu kekhawatiran yang berlebihan.

"Kalau kita harus berada di tempat yang rumah sakit misalnya yang merawat orang sedang sakit, kita harus pakai masker. Kalau di luar tidak ada pasien terduga COVID-19, kita tidak perlu pakai masker. Masyarakat harus mengetahui kapan pakai masker dan kapan tidak. Tidak perlu beli berdus-dus, karena itu tidak bermanfaat. Kita harus memanfaatkan sebaik-baiknya," tegasnya.

Baca artikel menarik lainnya di IDN App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: [Infografis] 6 Langkah Cuci Tangan yang Benar, yuk Basmi Virus Corona

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya