Comscore Tracker

IMS 2020: Mau Sukses? Ini Pesan dari Cucu Pendiri Sinar Mas

#IMS2020 Banyak mendengar sedikit bicara yuk~

Jakarta, IDN Times - Sukses dicapai dengan cara yang berbeda-beda bagi masing-masing orang. Menjadi orang sukses juga membutuhkan komitmen dan nilai-nilai keteguhan yang tinggi. 

Hal itu yang dilakukan oleh Group CEO of The Indonesia Commodities and Derivatives Exchange (ICDX), Megain Widjaja. Ada sebuah nilai yang selalu dipegang teguh hingga bisa melanjutkan kesuksesan mendiang sang kakek, Eka Tjipta Widjaja.

"Value pertama yang diteruskan dari generasi pertama keluarga kita adalah banyak mendengar sedikit berbicara. Ini memang kedengaran mudah tapi susah dibuat. Tapi ketika kita masih muda beranjak dewasa pengennya banyak omong dulu, sotoy," ujarnya kepada ratusan generasi millennial yang hadir dalam Indonesia Millennial Summit 2020 di The Tribata, Jakarta, Sabtu (18/1).

Menurut dia, menjadi sosok yang lebih tenang akan membuat pikiran menjadi lebih baik dalam mencerna masukan-masukan yang diterima. Selain itu, juga dapat membuat pikiran menjadi lebih bijak dalam mengambil keputusan. 

"Kalau kita lebih banyak mendengar kita akan mendapat input. Ketika input kita proses, kaji, pikirkan baik-baik maka kita bisa mendapatkan decision yang lebih baik," tegasnya. 

"Tapi kalau cuma mengikuti keinginan hati lebih banyak berbicara biasanya hasilnya kurang maksimal," tambah Megain.

Prinsip itu, lanjut Megain, selalu dipegang teguh oleh keluarganya. Menurut dia, kesuksesan bisa dicapai dengan tidak banyak bicara namun banyak mendengar dan bertindak dengan bijak. 

"Jadi ini tetap kita pegang dari generasi pertama, kedua sampai sekarang sampai anak-anak saya sekarang saya jelaskan bahwa kalau mau sukses harus banyak mendengar sedikit berbicara," ungkapnya. 

IDN Times menggelar Indonesia Millennial Summit 2020. Acara dengan tema "Shaping Indonesia's Future" ini berlangsung pada 17-18 Januari 2020 di The Tribrata, Dharmawangsa, Jakarta.

IMS 2020 menghadirkan lebih dari 60 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial.

Ajang millennial terbesar di Tanah Air ini dihadiri oleh lebih dari 5.000 pemimpin millennial. Dalam IMS 2020, IDN Times juga meluncurkan Indonesia Millennial Report 2020 yang melibatkan 5.500 responden di 11 kota di Indonesia. Survei yang dilakukan oleh IDN Research Institute bersama Nielsen bertujuan untuk memahami perilaku sekaligus menepis mitos stereotip di kalangan millennial.

Simak hasilnya di IMS 2020 dan ikuti perkembangannya di IDN Times.

https://www.youtube.com/embed/qR6JaX6AhQI

Baca Juga: Eka Tjipta 'Guru' Bisnis Sandiaga, Ini 6 Hal tentang Pendiri Sinar Mas

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya