Jokowi Ungkap Alasan Ibu Kota Negara Harus Cepat Pindah

Jakarta dan Pulau Jawa bebannya sudah terlalu berat, guys!

Jakarta, IDN Times - Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara dipastikan akan menjadi ibu kota negara (IKN) baru pengganti Jakarta. Kedua daerah tersebut berada di Provinsi Kalimantan Timur.

Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengungkapkan alasan pemerintah melakukan pemindahan IKN secara cepat. Menurut dia, Jakarta tidak bisa terus menerus menanggung beban.

"Jakarta dan Pulau Jawa semakin berat dalam kepadatan penduduk, kemacetan lalu lintas dan parah serta polusi dan air yang harus ditangani," ujarnya dalam konferensi pers di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8).

Mantan Wali Kota Solo itu juga membeberkan beberapa alasan pemerintah memindahkan ibu kota ke dua wilayah tersebut. Pertama, Penajam Paser Utara serta Kutai Kartanegara dianggap minim risiko bencana.

"Risiko bencana minimal, bencana banjir, gempa bumi, kebakaran hutan, gunung berapi dan tanah longsor," kata dia.

Kedua, dua wilayah tersebut dianggap sangat strategis. Apalagi keduanya sangat dekat dengan wilayah perkotaan seperti Samarinda dan Balikpapan.

"Alasan ketiga, dekat dengan wilayah perkotaan yang berkembang yaitu Balikpapan dan Samarinda. Keempat infrastruktur juga relatif lengkap dan kelima telah tersedia lahan dikuasai pemerintah 180 ribu hektare," ungkapnya.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya