Comscore Tracker

McDonald's Bebas Bahan Baku Buatan di 2022

Masih ada dua tahun lagi

Jakarta, IDN Times - McDonald's Indonesia menargetkan bebas dari bahan-bahan buatan pada 2022 mendatang. Itu artinya, seluruh produk McD bakal berbahan baku alami atau natural.

"Ini adalah proses, bukan berarti bahan kita ini bebas dari artificial, kita punya target di tahun 2002 semua bahan makanan dan minuman kita 2022 bebas dari pewarna buatan, perasa buatan dan juga pengawet," ujar Senior Director of Supply Chain and Quality Assurance McDonald's Indonesia, Bintang Aritonang dalam temu dan diskusi media di McDonald's Kemang, Jakarta, Jumat (21/2).

"Jadi semua yang kita gunakan harus berasal dari alam, natural, authentic baik itu pewarna, perasa, dan pengawet," tambahnya.

1. Penggunaan bahan baku alami demi kebaikan konsumen

McDonald's Bebas Bahan Baku Buatan di 2022Suasana tempat makan di sebuah restoran cepat saji (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Bintang mengungkapkan, inisiasi McD untuk menggunakan bahan baku 100 persen alami adalah demi kebaikan konsumen. Terkait konsekuensi biaya, ia tak mengelak. Sebab, mencari pengganti bahan baku buatan ke alami tidaklah mudah.

"Saat ini untuk bahan pewarna saja ada bahan tertentu yang tidak bisa kita temukan di alam dan tentu tidak akan secantik kita menggunakan artificial," ungkapnya.

Baca Juga: 5 Perbedaan McDonald’s di Amerika dan Indonesia, Selain Menu Makanan

2. McD juga ingin jamin kualitas produknya untuk anak-anak

McDonald's Bebas Bahan Baku Buatan di 2022Transaksi di restoran cepat saji (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Di sisi lain, Bintang mengungkapkan bahwa McD ingin menjamin kualitas produk yang disajikan untuk konsumen anak-anak dalam hal ini Happy Meal. Apalagi, anak-anak membutuhkan asupan yang baik dalam masa pertumbuhannya.

"Ini menjadi salah satu prioritas kita. Kita tahu anak-anak ini umurnya kan panjang ya, sehingga kita harus pastikan sejak muda mereka mendapat asupan makanan dan minuman yang baik. dan dua hal di sini, tidak hanya tidak bebas dari bahan-bahan yang artificial, tapi yang kedua juga mengenai nutrisinya," ungkapnya.

3. McD tegaskan supplier juga akan melakukan hal yang sama

McDonald's Bebas Bahan Baku Buatan di 2022Senior Director of Supply Chain and Quality Assurance, McDonald's Indonesia, Bintang Aritonang (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Bintang menegaskan bahwa supplier  atau penyuplai beberapa produk McD juga bakal melakukan hal yang serupa. Ia mengakui bahwa tantangan dalam menerapkan produk bebas bahan buatan adalah dalam hal pengawet.

"Semua bahan makanan bakal berubah. Mereka harus inovasi dong apa yang mereka lakukan. Itu janji mereka ke kita. Bahwa ini target kita. Mulai sekarang dicari gantinya. Challenge paling besar preservative (bahan pengawet). Kalau dia yang natural biasanya agak mahallah," ucapnya.

Oleh karena itu, ia berharap pada 2022 mendatang upaya tersebut sudah bisa direalisasikan. "Jadi kita punya waktu dua tahun lagi. Pada 2022 kita akan mengklaim diri kita 100 persen natural," ujarnya.

Baca artikel menarik lainnya di IDN App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Wow, McDonald's Bandung Catat Rekor Delivery Terbanyak dalam 1 Jam!

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya