Comscore Tracker

Mengenal Adamas Belva, Bos Ruangguru yang Jadi Stafsus Muda Jokowi

Belva bakal menjadi calon stafsus millenial

Jakarta, IDN Times - Belva, begitu dia akrab disapa. Pria bernama lengkap Adamas Belva Syah Devara ini merupakan CEO Ruangguru. Nama Belva baru-baru ini kembali ramai diperbincangkan. Dia menjadi salah satu dari 12 Staf Khusus Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Belva bakal menjadi salah satu representasi generasi milleniall di lingkungan istana.

Nah, penasaran kan dengan sosok Belva? IDN Times merangkumnya dalam fakta-fakta berikut. 

1. Orang Indonesia pertama yang mendapat beasiswa penuh dalam program gelar ganda di Harvard University dan Stanford University

Mengenal Adamas Belva, Bos Ruangguru yang Jadi Stafsus Muda JokowiInstagram.com/iman usman

Pria kelahiran Jakarta, 30 Mei 1990 ini berhasil menerima beasiswa penuh dari LPDP (Lembaga Pengelola dana Pendidikan). Dirinya mengambil jurusan Kebijakan Publik di Harvard University dan Bisnis Manajemen di Stanford University.

Tak hanya itu, Belva juga terdaftar silang (cross-registered) pada fakultas lain dalam Harvard University, termasuk Harvard Medical School, Harvard Law School, dan Harvard Graduate School of Education. Wah, keren banget!

Belva juga sukses jadi orang Indonesia pertama yang diterima dalam program gelar ganda program studi Ilmu komputer dan Bisnis di NTU (Nanyang Technological University)

Belva pun mendapatkan beasiswa penuh dari pemerintah Singapura. Tak hanya itu, Belva juga meraih banyak prestasi semasa kuliah dan berhasil tercatat pada Double Dean's List sebagai salah satu dari 5 persen mahasiswa dengan pencapaian prestasi tertinggi, dalam kedua program studi.

Baca Juga: [BREAKING] Jokowi Kenalkan Stafsus Baru, Salah Satunya Putri Tanjung

2. Dirikan Ruangguru, perusahaan teknologi berbasis pendidikan terbesar di Indonesia, bersama sahabatnya, Muhammad Iman Usman

Mengenal Adamas Belva, Bos Ruangguru yang Jadi Stafsus Muda JokowiIDN Times/Klara Livia

Setelah menyelesaikan studinya di Amerika Serikat, pada 2016 ia memutuskan untuk kembali ke tanah air demi fokus membesarkan Ruangguru yang sebelumnya telah dikelola oleh Iman Usman. Bersama rekannya, Belva sukses membesarkan platform Ruangguru.

Ruangguru sendiri sudah pernah mendapat kuncuran pendanaan seri B senilai US$7 miliar di tahun 2017 dari lembaga investasi Bank UOB dan pendanaan hibah dari program MIT Solve yang ditujukan untuk program Ruangguru Digital Bootcamp pada tahun 2018.

3. Menerima penghargaan 30 under 30 dari Forbes Magazine di Asia pada tahun 2017

Mengenal Adamas Belva, Bos Ruangguru yang Jadi Stafsus Muda Jokowiinstagram.com/belvadevara

Penghargaan lagi, dan lagi! Ruangguru yang dibangun oleh Belva bersama sahabatnya ini mampu membawa nama mereka ke tingkat Asia dan mendapatkan penghargaan 30 under 30, yaitu 30 orang tersukses di bawah usia 30 tahun, dari Forbes Magazine dalam bidang kewirausahaan dan teknologi pada tahun 2017 silam. Nama mereka bersanding dengan tokoh-tokoh lain di Asia seperti Anvitha Vijay dan Eric Gnock Fah.

4. Menjadi pembicara di forum internasional

Mengenal Adamas Belva, Bos Ruangguru yang Jadi Stafsus Muda Jokowiinstagram.com/belvadevara

Belva juga tercatat pernah menjadi pembicara dalam World Economic Forum on ASEAN 2018. Terpilih menjadi pembicara dalam salah satu forum bergengsi di ASEAN ini tentu bukanlah hal yang mudah. Pada forum tersebut, Belva berada di antara tokoh-tokoh penting di ASEAN, termasuk presiden negara-negara ASEAN. 

Selain itu, Belva pernah menjadi pembicara Konferensi Dunia untuk Kecerdasan Buatan dan Pendidikan Adaptif di Beijing, Tiongkok.

Baca Juga: [BREAKING] Jokowi Umumkan 12 Stafsusnya, Ini Wajah Baru dan Lama

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You