Menko Luhut Gunakan Momen Natal untuk Introspeksi Diri

"Saya refleksi ke dalam, apa sih yang sudah saya perbuat"

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, menjadi salah satu orang yang tengah berbahagia merayakan momen Natal di tahun 2019. Kebahagiaan itu terasa semakin lengkap ketika ia merayakan momen spesial bersama keluarga besar dan kerabatnya. 

Bagi Luhut, Natal adalah momen untuk saling berbagi rasa dan membantu orang lain. Ia juga selalu mengingatkan orang lain agar bisa menjalani hidup dengan memberikan manfaat kepada lingkungan dan orang sekitar.

"Kita hidup ini kan untuk berbagi rasa, bisa membantu orang yang susah, menolong atau memberikan kebahagiaan kita kepada orang lain. Saya melihat hidup itu bagaimana bisa berbuat baik untuk lingkungan kita," kata Luhut di rumah dinasnya, Komplek Menteri Widya Chandra, Jakarta Selatan pada Rabu (25/12). 

Lalu, bagaimana cara Luhut merayakan hari Natal tahun ini?

1. Natal harus dirayakan dengan penuh kedamaian

Menko Luhut Gunakan Momen Natal untuk Introspeksi Diri(Menko Kemaritikan Luhut Panjaitan) ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A.

Selain itu, Luhut berpesan kepada seluruh masyarakat, khususnya umat Kristiani, agar merayakan Natal dengan damai. Ia mengimbau agar semua kalangan bisa menjaga kesatuan dan persatuan Indonesia. 

"Sehingga bisa membuat kenyamanan hidup di lingkungan masing-masing. Itu pesan Natal itu membawa kedamaian. Daripada sekedar marah sini marah sana, kritik saja sini," tutur Luhut. 

"Kita mesti tanya hati kita yang paling dalam, apa sih yang sudah kita perbuat kepada lingkungan saya, untuk membuat ini semua sejahtera. Itu kan tidak hanya suku kita, bangsa kita, kan semua," katanya lagi. 

Baca Juga: Luhut Pandjaitan: Banyak di Antara Kita Tidak Bekerja dengan Hati

2. Luhut dan keluarga rayakan Natal dengan melakukan refleksi diri

Menko Luhut Gunakan Momen Natal untuk Introspeksi DiriMenko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Mantan Kepala Staf Presiden itu menambahkan, ia bersama keluarga besarnya juga merayakan Natal dengan melakukan introspeksi diri. Luhut tak memungkiri bahwa banyak hal positif yang belum dilakukan dirinya dan keluarganya.

"Kami tadi malam berkumpul dengan anak saya. Kita refleksi tahun ini. Apa sih yang sudah kita buat,  yang jelek juga, saya dengan istri saya itu melakukan refleksi juga. Karena kami manusia yang penuh kekurangan. Itu juga kami pada sisi lain memberikan pengalaman kami ke cucu kami supaya tidak mengulang kesalahan kami," ungkapnya.

3. Kerabat hingga Menteri Kabinet Indonesia Maju ikut open house ke rumah dinas Luhut

Menko Luhut Gunakan Momen Natal untuk Introspeksi DiriSuasana open house di kediaman Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Selain mengundang media, open house di kediaman dinas Menteri Luhut turut dihadiri beberapa koleganya, antara lain Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Perhubungan Budi karya Sumadi, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono hingga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama. 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Mahfud MD Hingga Prabowo Hadiri Open House Natal di Kediaman Luhut

Topik:

Berita Terkini Lainnya