Comscore Tracker

Pernyataan Pertama Jokowi Usai Disuntik Vaksin Sinovac

Vaksinasi jadi ikhtiar Jokowi bebas dari pandemik COVID-19

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah selesai disuntik vaksin CoronaVac, yang merupakan buatan perusahaan asal Tiongkok, Sinovac Biotech. Usai divaksin, Jokowi mengungkapkan proses vaksinasinya tersebut. Salah satunya terkait proses verifikasi kesehatan.

"Tekanan darah saya diukur, 130/67 mmHg. Normal. Lalu saya ditanya: pernah terkonfirmasi positif COVID-19, pernah batuk atau pilek beberapa hari terakhir, pernah mengidap penyakit jantung, atau penyakit lain seperti ginjal? Dan lain-lain. Semua saya jawab tidak," kata Jokowi melalui akun Instagramnya, Rabu (13/1/2021).

Baca Juga: [BREAKING] Bukan Menkes, Ini Orang Kedua yang Divaksin COVID-19 Setelah Jokowi

1. Vaksinasi jadi ikhtiar Jokowi sebagai warga negara Indonesia

Pernyataan Pertama Jokowi Usai Disuntik Vaksin SinovacPresiden Joko Widodo (tengah) bersiap disuntik dosis pertama vaksin COVID-19 produksi Sinovac oleh vaksinator Wakil Ketua Dokter Kepresidenan Prof Abdul Mutalib (kanan) di beranda Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (13/1/2021) (ANTARA FOTO/HO/Setpres-Agus Suparto)

Setelah selesai verifikasi, Jokowi mengatakan bahwa dia langsung disuntikkan vaksin Sinovac tersebut. Dia mengatakan, vaksinasi ini merupakan ikhtiarnya sebagai warga negara Indonesia untuk bisa terbebas dari pandemik COVID-19.

"Vaksin COVID-19 inilah yang lama kita tunggu-tunggu dan baru disuntikkan setelah BPOM mengeluarkan izin penggunaan darurat, dan Majelis Ulama Indonesia menyatakan suci dan halal untuk digunakan," ucap Jokowi.

Jokowi menambahkan, vaksinasi perdana ini nantinya akan terus dilanjutkan di seluruh provinsi, kabupaten/kota di Indonesia.

"Saya berharap vaksinasi COVID-19 yang tahapannya sudah dimulai hari ini berjalan dengan lancar," tambahnya.

2. Ingatkan pentingnya kedisiplinan protokol kesehatan

Pernyataan Pertama Jokowi Usai Disuntik Vaksin SinovacPresiden Joko Widodo bersiap memberikan keterangan pers terkait COVID-19 di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (16/3/2020) (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Kendati proses vaksinasi telah berjalan, Jokowi mengingatkan masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin. Hal itu perlu dilakukan untuk membuat keadaan di Indonesia normal kembali.

"Pentingnya disiplin terhadap protokol kesehatan ini tetap kita lakukan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghidnari kerumunan," tutur dia.

3. Detik-detik Jokowi disuntik vaksin COVID-19

Pernyataan Pertama Jokowi Usai Disuntik Vaksin SinovacPresiden Jokowi menerima vaksin COVID-19 pertama pada Rabu (13/1/2021) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Diberitakan sebelumnya, vaksinasi Jokowi telah dilakukan oleh tim dokter kepresidenan. Pantauan IDN Times di channel YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi melakukan pemeriksaan sekitar pukul 9.36 WIB. Jokowi datang mengenakan pakaian khasnya, yakni kemeja putih dan celana hitam.

Sebelum disuntik, mantan Wali Kota Solo ini melakukan verifikasi data dan pemeriksaan kesehatan untuk memastikan telah memenuhi persyaratan untuk divaksin.

Usai dinyatakan memenuhi syarat dan kriteria, Presiden Jokowi disuntikkan sekitar pukul 09.43 WIB. Saat disuntik Jokowi terlihat biasa saja dan tertawa dengan tim dokter yang menyuntikkan

Setelah disuntik jokowi menerima kartu tanda suntik pertama. Saat ini, orang nomor satu di Republik Indonesia itu sedang menunggu 30 menit untuk menanti reaksi dari vaksin COVID-19.

Baca Juga: [BREAKING] Suntik Vaksin ke Jokowi, Dokter Abdul Muthalib Deg-Degan

Topic:

  • Sunariyah
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya