RS Darurat COVID-19 Asrama Haji Donohudan Mulai Beroperasi 2 Agustus 

Hanya menampung pasien COVID-19 bergejala ringan dan sedang

Jakarta, IDN Times - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan Rumah Sakit darurat COVID-19 Asrama Haji Donohudan siap beroperasi pada Senin (2/8/2021).

Dengan demikian, Asrama Haji Donohudan akan mulai menampung pasien COVID-19 bergejala ringan dan sedang bagi masyarakat Solo Raya, termasuk Solo, Boyolali, Sragen dan Klaten.

"Kita sedang menyiapkan Gedung Madinah untuk fasilitas isolasi dan treatment pasien COVID-19 berkapasitas 352 Tempat Tidur (TT) yang terdiri dari 344 TT Perawatan dan 8 TT High Care Unit (HCU) dengan melibatkan sebanyak 128 pekerja," kata Basuki dalam keterangan persnya, Sabtu (31/7/2021).

"Mudah-mudahan hari ini, 31 Juli 2021 sudah selesai semua dan Alat Kesehatan (Alkes) masuk, sehingga 2 Agustus 2021 besok sudah bisa dioperasikan," tambah dia.

Baca Juga: Resmi Dibuka, RS Darurat Asrama Haji Layani Pasien COVID Gejala Berat

1. Khusus wilayah Solo, RS Darurat hanya untuk pasien COVID-19 bergejala ringan dan sedang

RS Darurat COVID-19 Asrama Haji Donohudan Mulai Beroperasi 2 Agustus Ilustrasi seorang pasien COVID-19. (ANTARA FOTO/REUTERS/Marko Djurica)

Basuki menyampaikan, dari hasil evaluasi PPKM Level 4, Yogyakarta dan sekitarnya serta Solo masih mencatatan kasus COVID-19 yang tinggi. Dia menegaskan bahwa masih dibutuhkan banyak tempat untuk isolasi mandiri pasien COVID-19.

"Khusus untuk wilayah Solo Raya, Asrama Haji Donohudan diperuntukan bagi pasien COVID-19 dengan gejala ringan dan sedang," tambahnya.

2. Renovasi Asrama Haji Donohudan telan dana Rp30 miliar

RS Darurat COVID-19 Asrama Haji Donohudan Mulai Beroperasi 2 Agustus Ilustrasi infrastruktur (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebagai informasi, Renovasi Asrama Haji Donohudan dikerjakan oleh Balai Prasara Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Tengah dengan menyiapkan Gedung Madinah berkapasitas 352 Tempat Tidur (TT) terdiri dari 344 TT Perawatan dan 8 TT High Care Unit (HCU).

Sebagai kontraktor pelaksana, ditunjuk PT. Waskita Karya (Persero), Tbk-Building Division dengan anggaran sebesar Rp30 miliar dan saat ini progres konstruksinya telah mencapai 40 persen.

Baca Juga: LaporCovid19 Catat 2.707 Pasien COVID Wafat Saat Isoman dalam Sebulan

3. Fasilitas yang cukup memadai di RS Darurat Asrama Haji Donohudan

RS Darurat COVID-19 Asrama Haji Donohudan Mulai Beroperasi 2 Agustus Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono pada Selasa (27/7/2019) meninjau Asrama Haji Donohudan di Kabupaten Boyolali Provinsi Jawa Tengah. (dok. Kementerian PUPR)

Asrama Haji Donohudan yang difungsikan menjadi rumah sakit darurat menampung pasien COVID -19 tersebut berlokasi di Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Fasilitas yang tersedia juga cukup memadai, yakni HCU, poliklinik, nurse station, ruang screening, laboratorium, ruang isolasi VIP, ruang isolasi blok A-E, ruang petugas, ruang dokter dan perawat, ruang logistik, rekam medik, xray mobile, transit jenazah, area penerimaan makanan, dan petugas in-out.

Selain Asrama Haji Donohudan, Kementerian PUPR bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga menyiapkan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) atau Diklat Provinsi Jawa Tengah di Srondol, Semarang sebagai lokasi Isoter.

 

Baca Juga: Satu Gedung Asrama Haji Donohudan Jadi RS Darurat COVID-19

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya