Sebagian Jakarta Akan Diguyur Hujan dan Angin Kencang Hari Ini

BMKG mengeluarkan peringatan dini

Jakarta, IDN Times - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan, hujan akan mengguyur wilayah DKI Jakarta seharian, Jumat (6/3) ini. BMKG bahkan mengeluarkan peringatan dini.

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang dengan durasi singkat di wilayah Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, dan Jakarta Barat pada malam dan dini hari," tulis BMKG dalam laman resminya, bmkg.go.id.

Baca Juga: [CUACA] Jakarta Cerah Berawan, Cuaca Ekstrem Masih Mengintai Indonesia

1. Hanya dua wilayah Jakarta yang bakal diguyur hujan siang ini

Sebagian Jakarta Akan Diguyur Hujan dan Angin Kencang Hari IniIlustrasi (IDN Times/Rochmanudin)

BMKG memperkirakan, bakal terjadi hujan lokal pada siang hari di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur. Sementara itu wilayah Jakarta lainnya akan cerah berawan.

Suhu di Jakarta pada saat itu berkisar pada 24-32 derajat celsius dengan kelembapan 65-95 persen. 

2. Malam hari seluruh wilayah Jakarta berawan

Sebagian Jakarta Akan Diguyur Hujan dan Angin Kencang Hari IniIDN Times/Irma Yudistirani

Pada malam hari, BMKG memperkirakan seluruh wilayah Jakarta bakal berawan dan cerah berawan. Namun, BMKG mengimbau untuk tetap waspada potensi angin kencang dalam durasi singkat di beberapa wilayah Jakarta. 

3. Waspada potensi hujan lebat pada 1-7 Maret 2020

Sebagian Jakarta Akan Diguyur Hujan dan Angin Kencang Hari IniIDN Times/Sukma Shakti

Dalam keterangan tertulisnya, BMKG menyampaikan, potensi cuaca ekstrem masih dapat terjadi hingga Maret ini. Berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer terkini, pola tekanan rendah di wilayah Belahan Bumi Selatan (BBS) masih cukup aktif berpengaruh pada pembentukan potensi cuaca ekstrem di wilayah Indonesia.

Keberadaan daerah tekanan rendah di pesisir Australia Barat bagian utara dan di Samudera Hindia selatan Jawa Timur, serta sirkulasi angin tertutup di utara Papua Barat, menyebabkan pembentukan pola pertemuan massa udara yang memanjang dari perairan selatan Jawa Timur hingga selatan NTB.

Belokan angin juga terpantau terbentuk di sekitar wilayah Sumatera bagian utara dan selatan, Kalimantan Barat dan Tengah, Sulawesi bagian tengah, dan Maluku Utara.

Sementara itu, labilitas udara cukup kuat di beberapa wilayah Indonesia. Kondisi ini berkontribusi pada peningkatan konektivitas skala lokal terutama di Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua Barat, dan Papua.

Berdasarkan kondisi tersebut di atas, BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan, curah hujan dengan intensitas lebat yang terjadi secara kontinu disertai kilat/petir berpotensi terjadi.

Baca Juga: BMKG Prediksi Cuaca Ekstrem Terjadi Mulai 25 Februari Hingga 2 Maret

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya