Comscore Tracker

Tampil Lebih Indah, Renovasi Masjid Istiqlal Telan Biaya Rp511 Miliar 

Pendanaan bersumber dari APBN

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meresmikan renovasi Masjid Istiqlal yang telah dikerjakan selama 14 bulan. Proyek ini menelan biaya sebesar Rp511 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Masjid kebanggaan kita semua telah selesai direnovasi, alhamdullilah. Renovasi masjid Istiqlal merupakan renovasi pertama sejak 42 tahun yang lalu," kata Jokowi di kompleks Masjid Istiqlal seperti dilihat dari tayangan Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (8/1/2021).

Baca Juga: 5 Fakta Unik Masjid Istiqlal, Dibangun Nonmuslim dan Beduk Raksasa

1. Masjid Istiqlal menjadi lebih indah usai direnovasi

Tampil Lebih Indah, Renovasi Masjid Istiqlal Telan Biaya Rp511 Miliar Masjid Istiqlal (Dok. Humas Damkar DKI Jakarta)

Jokowi menyampaikan, renovasi yang telah dilakukan dalam beberapa bulan ini, membuat Masjid Istiqlal berubah dan semakin indah. Menurut dia, tampilan serta bangunan dari masjid kebanggaan Indonesia menjadi lebih modern dan tertata rapi.

"Saya juga ingin menyampaikan apresiasi yang tinggi karena dalam proses renovasi ini tidak hanya memaksimalkan fungsi masjid sebagai tempat ibadah, tetapi juga memperhatikan aspek arsitektur, aspek seni, aspek estetika dan yang tidak kalah penting tetap memperhatikan kaidah-kaidah cagar budaya banguan masjid," ucap Jokowi.

2. Renovasi Masjid Istiqlal bukan untuk gagah-gagahan

Tampil Lebih Indah, Renovasi Masjid Istiqlal Telan Biaya Rp511 Miliar 

Mantan wali kota Solo ini menegaskan bahwa renovasi Masjid Istiqlal bukan untuk gagah-gagahan. Jokowi menyebut renovasi Masjid Istiqlal lantaran tempat ibadah tersebut merupakan salah satu kebanggaan rakyat Indonesia yang harus terus dijaga.

"Kita harus ingat masjid ini didirikan sebagai ungkapan rasa syukur atas rahmat Allah SWT sehingga bangsa Indonesia mendapatkan kemerdekaan," ucap Jokowi.

"Semangat ini jelas terekam pada 1953 ketika para pemimpin umat Islam berkumpul dan mencetuskan ide mendirikan sebuah masjid sebagai simbol kemerdekaan Republik Indonesia, dan telah disepakati namanya Istiqlal sebagai masjid yang dalam bahasa Arab memiliki arti kemerdekaan," tambah Jokowi.

3. Masjid Istiqlal diharapkan dapat menjadi percontohan masjid-masjid di negara lain

Tampil Lebih Indah, Renovasi Masjid Istiqlal Telan Biaya Rp511 Miliar IDN Times/Reza Iqbal

Jokowi berharap, renovasi Masjid Istiqlal tidak hanya megah secara fisik, namun juga dapat menjadi sarana untuk meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT. Kedepannya, mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga ingin agar Masjid Istiqlal dapat menjadi percontohan bagi masjid di negara lain.

"Sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, Masjid Istiqlal harus menjadi contoh dari masjid-masjid negara lain di dunia dalam mengembangkan syiar Islam yang menyejukkan, yang membangun toleransi dan membangun perdamaian," ujar Jokowi.

Baca Juga: Sebelum Raja Salman, Tokoh-tokoh Dunia Ini juga Kunjungi Istiqlal

Topic:

  • Sunariyah
  • SEO Intern

Berita Terkini Lainnya