Usai Gedung HPBB Terbakar, Layanan Telkomsel di Sumatera Mulai Pulih

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran Gedung HPBB

Jakarta, IDN Times - PT Telkomsel memastikan layanan komunikasi ke pelanggan di wilayah Sumatera telah berangsur pulih. Sebelumnya layanan Telkomsel sempat lumpuh total akibat kebakaran gedung HPBB (High Performace Back Bone) PT Telkom di Pekanbaru, Riau, Selasa (11/8/2020).

“Sehubungan dengan sempat terjadinya penurunan layanan komunikasi Telkomsel di wilayah Sumatera sebagai dampak kebakaran di fasilitas Sentra Telepon Otomat (STO) Telkom di Kota Pekanbaru, dapat disampaikan perkembangan terbaru bahwa layanan komunikasi baik telepon, SMS dan akses data Telkomsel di seluruh wilayah Sumatera yang sempat terdampak kini sudah berangsur pulih dan mulai dapat diakses kembali dengan normal oleh pelanggan,” kata Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin seperti dikutip dari ANTARA, Rabu (12/8/2020).

1. Telkom Group meminta maaf atas gangguan komunikasi pada pelanggan

Usai Gedung HPBB Terbakar, Layanan Telkomsel di Sumatera Mulai Pulih(Idntimes.com/dok.istimewa)

Atas kejadian tersebut, Telkom Group mengucapkan terima kasih kepada para pelanggan. Pihaknya juga meminta maaf atas gangguan komunikasi tersebut.

“Kami menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan yang sempat terdampak atas ketidaknyamanan yang terjadi. Kami mengapresiasi kepercayaan pelanggan yang tetap setia menggunakan layanan Telkomsel,” tuturnya.

Baca Juga: Sinyal Telkomsel di Sumut Ikut Lumpuh, Ternyata Ini Penyebabnya

2. Akses layanan Telkomsel sudah mulai bisa dinikmati

Usai Gedung HPBB Terbakar, Layanan Telkomsel di Sumatera Mulai PulihTelkomsel. (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Salah satu pelanggan, Riana Handayani mengaku sudah kembali bisa menikmati layanan Telkomsel sejak Selasa malam. Namun demikian, layanan tersebut belum sepenuhnya normal.

“Untuk berjaga-jaga saya tetap beli kartu perdana dari operator lain supaya tetap bisa komunikasi,” ungkap dia.

Kebakaran gedung HPBB di kompleks Plasa Telkom Pekanbaru mengakibatkan seluruh jaringan Telkom Group, termasuk Telkomsel, lumpuh mulai dari layanan telepon, paket data, SMS hingga internet.

Gangguan jaringan juga dirasakan hingga ke pelanggan di wilayah Sumatera bagian utara dan tengah, di antaranya di Kepulauan Riau (Kepri), Aceh dan Sumatera Utara.

3. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran Gedung HPBB

Usai Gedung HPBB Terbakar, Layanan Telkomsel di Sumatera Mulai Pulih(Idntimes.com/dok.istimewa)

Sebagai informasi, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran di Gedung HPBB. Kebakaran mulai diketahui sekitar pukul 14.30 WIB. Seluruh pegawai pada saat itu langsung diminta untuk meninggalkan gedung.

Baca Juga: Gedung Telkomsel di Pekanbaru Terbakar, Warga Mengeluh Sinyal Lumpuh 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya