5 Fakta Kasus Prostitusi Anak di Hotel Milik Artis Cynthiara Alona

15 anak di bawah umur ditemukan di dalam hotel 

Jakarta IDN Times – Polda Metro Jaya membongkar kasus protitusi anak di bawah umur yang menyeret nama publik figur, Cynthiara Alona. Prostitusi anak ini ditawarkan secara daring.

Terbongkarnya kasus prostitusi anak ini bermula dari penggerebekan yang dilakukan oleh kepolisian. Hingga akhirnya, dalam pengembangan, polisi menetapkan tiga orang tersangka. 

Bagaimana fakta yang terungkap pada kasus tersebut? Berikut lima fakta yang dirangkum IDN Times:

1. Chintyara Alona jadi tersangka

5 Fakta Kasus Prostitusi Anak di Hotel Milik Artis Cynthiara AlonaArtis Cynthiara Alona menjadi tersangka kasus prostitusi dan eksploitasi anak (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Baca Juga: Artis Cynthiara Alona Jadi Tersangka Kasus Prostitusi Anak di Hotelnya

Polda Metro Jaya menetapkan tiga orang tersangka dalam kasus prostitusi anak di bawah umur. Salah tersangka adalah artis Cynthiara Alona selaku pemilik hotel yang dijadikan lokasi prostitusi.

"Saudari CCA pemilik hotel. CCA adalah salah satu publik figur yang mungkin teman-teman sudah tahu semuanya, dia adalah pemilik hotel langsung. Nama hotelnya nama belakang tersangka ini," kata Yusri di Markas Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (19/3/2021).

Sedangkan, dua tersangka lainnya berinisial DA, yang berperan sebagai muncikari, dan AA selaku pengelola hotel yang mengetahui adanya praktik prostitusi.

2. Sebanyak 43 orang diamankan dalam penggerebekan

5 Fakta Kasus Prostitusi Anak di Hotel Milik Artis Cynthiara AlonaArtis Cynthiara Alona menjadi tersangka kasus prostitusi dan eksploitasi anak (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Kasus prostitusi anak ini terbongkar usai adanya penggerebekan pada Hotel Alona di Kreo, Kota Tangerang, pada Selasa (16/3/2021). Polisi kala itu mengamankan 43 orang.

Beragam barang bukti berhasil disita petugas pada penggerebekan tersebut. Di antaranya uang tunai Rp550 ribu, kondom, handphone, dan bukti pembayaran hotel.

3. 15 anak ikut diamankan dalam penggerebekan

5 Fakta Kasus Prostitusi Anak di Hotel Milik Artis Cynthiara AlonaIlustrasi Prostitusi (IDN Times/Mardya Shakti)

Yusri mengungkapkan, pada penggerebekan tersebut, sebanyak 15 orang di antaranya merupakan anak di bawah umur. Mereka kini dititipkan ke P2TP2A dan Penitipan Handayani untuk mendapatkan bantuan secara psikologi serta pemulihan trauma.

"Korban ada 15 orang, semuanya anak di bawah umur yang rata-rata 14, 15, 16 tahun," kata Yusri dikutip dari ANTARA.

Ia mengungkapkan para pelaku memikat anak di bawah umur melalui media sosial dengan iming-iming uang dan pekerjaan. Namun, ada juga anak yang sampai dipacari oleh pelaku.

4. Sepi, alasan mengubah hotel menjadi lokasi prostitusi

5 Fakta Kasus Prostitusi Anak di Hotel Milik Artis Cynthiara AlonaIlustrasi Perdagangan Perempuan (IDN Times/Mardya Shakti)

Polisi mengungkapkan alasan hotel milik Cynthiara Alona menjadi lokasi protitusi anak. Alasan yang diberikan yakni hotel sepi pengunjung karena pandemik virus corona.

Keberadaan praktik prostitusi anak tersebut disebut menjadi pemasukan agar operasional hotel tetap berjalan. Bisnis prostitusi ditawarkan melalui aplikasi pesan daring, mulai tarif Rp400 ribu hingga Rp1 juta.

Uang yang didapatkan kemudian dibagi secara merata, mulai dari joki, pemilik hotel hingga para anak yang menjadi korban.

5. Polisi jerat 3 tersangka dengan UU Perlindungan Anak

5 Fakta Kasus Prostitusi Anak di Hotel Milik Artis Cynthiara AlonaArtis Cynthiara Alona menjadi tersangka kasus prostitusi dan eksploitasi anak (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Dalam proses penyelidikan, polisi menetapkan Cynthiara Alona, AA dan DA sebagai tersangka. Ketiganya telah ditahan di rutan Polda Metro Jaya.

Polisi menjerat para tersangka dengan Pasal 88 Undang-Undang (UU) Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas UU 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Para tersangka pun terancam hukuman 10 tahun penjara.

Baca Juga: Tutup Hotel Alona Pemkot Akan Koordinasi dengan Kepolisian

Topik:

  • Jihad Akbar
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya