Comscore Tracker

Anies Resmikan Lapangan Latih JIS, Berstandar FIFA Lho!

Anies berharap JIS jadi rujukan sarana pelatihan sepak bola

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Jakarta Internasional Stadium (JIS) yang berada di Jakarta Utara, Senin (28/12/2020). Peresmian lapangan latih yang memiliki standar dan fasilitas sesuai dengan Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) dengan kapasitas 82.000 orang ini dilakukan secara daring, mengingat Anies hingga hari ini masih menjalani isolasi mandiri akibat terpapar COVID-19.

"Hari ini sama-sama kita saksikan peresmian lapangan latih JIS. Dua bulan lalu saya datang ke lapangan latih ini menyaksikan dari dekat kualitas rumputnya, perancangannya, dan Alhamdulillah kita bukan saja bersyukur bahwa ini tuntas, tapi kita bangga," ujar Anies dalam peresmian virtual lapangan latih JIS di Jakarta, seperti dikutip dari ANTARA.

1. Anies berharap JIS jadi rujukan sarana pelatihan sepak bola Indonesia

Anies Resmikan Lapangan Latih JIS, Berstandar FIFA Lho!Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan menghadiri acara Peresmian Lapangan Latih Stadion Jakarta International Stadium (JIS) secara virtual (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Anies berharap lapangan latih JIS dapat menjadi percontohan atau pun rujukan sebagai sarana pelatihan dan pengembangan sepak bola di Indonesia yang berstandar internasional.

Dia pun mengapresiasi kinerja PT Jakarta Propertindo (Perseroda) selaku pengelola pembangunan JIS karena sudah menghadirkan lapangan latih di tengah pengerjaan stadium berkapasitas 82.000 orang itu.

"Lapangan latihnya yang hari ini diresmikan merupakan appetizer, nanti main course-nya akan disiapkan saat stadion selesai. Tapi appetizer-nya sudah menggambarkan kualitas stadion nanti," ujar Anies.

Baca Juga: Apa Kabar Jakarta Internasional Stadium? Pernah Dijanjikan Anies

2. JIS diharapkan bisa menunjang program ‘urban regeneration’

Anies Resmikan Lapangan Latih JIS, Berstandar FIFA Lho!Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Dwi Wahyu Daryoto (kiri) menendang bola saat peresmian lapangan latih di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Senin (28/12/2020). JIS direncanakan mempunyai lapangan utama yang dapat menampung penonton hingga 82 ribu dengan fasilitas berstandar internasional. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Direktur Utama PT Jakpro, Dwi Wahyu Daryoto mengatakan, lapangan latih ini tidak hanya digunakan untuk pesepak bola ternama. Pemanfaatan area lapangan juga dapat digunakan sebagai ruang interaksi dengan banyak orang, terutama komunitas yang berada di bidang olahraga sepak bola.

Dwi berharap lapangan ini bisa menunjang program ‘urban regeneration’ di Jakarta Utara.

“Insya Allah lapangan latih ini bisa kita gunakan kurang lebih 1-2 bulan ke depan. Sehingga benar-benar bisa merupakan ruang ketiga di mana masyarakat khususnya komunitas bola terutama bisa berinteraksi dalam area ini. Insya Allah area ini akan menjadi suatu area yang bisa menunjang program ‘urban regeneration’ di kawasan Utara Jakarta,” tutur Dwi.

3. Perkembangan pembangunan JIS

Anies Resmikan Lapangan Latih JIS, Berstandar FIFA Lho!Suasana lapangan latih usai diresmikan di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Senin (28/12/2020). JIS direncanakan mempunyai lapangan utama yang dapat menampung penonton hingga 82 ribu dengan fasilitas berstandar internasional. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Dalam proses perkembangannya lapangan JIS telah menunjukkan progress yang cukup signifikan dengan presentasi 40,9 persen pada hari ini. Pemeliharaan rumput pada lapangan juga tidak dengan peptisida dan penyelesaian target pembangunan ingin dicapai akhir tahun ini dengan persentase yang bertambah sekitar 41,7 persen.  

Lapangan latih ini bisa siap digunakan sekitar 1-2 bulan ke depan dengan proses pembangunan yang sudah berjalan hampir setengahnya.

"Perlu kami laporkan pada hari ini progres terakhir 40,9 persen tapi realisasinya 42,1 persen. Target kami di akhir tahun sudah bisa mencapai karena target akhir tahun kami menargetkan 41,7 persen. Ini tak lepas dari bantuan seluruh pihak," kata Dwi.

Baca Juga: Resmikan Lapangan Latihan Stadion JIS, Anies: Ini Jadi Percontohan

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya