Comscore Tracker

Profil Wamenkumham Edward Hiariej yang Usulkan Hukuman Mati Koruptor

Edward Omar Sharif Hiariej guru besar Ilmu Hukum Pidana UGM

Jakarta, IDN Times - Edward Omar Sharif Hiariej resmi menjabat sebagai Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi manusia setelah dilantik Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada Rabu, 23 Desember 2020 lalu. Edward dilantik bersama 4 wakil menteri lainnya dan 6 menteri baru hasil reshuffle kabinet akhir tahun lalu. 

Nama Edward menjadi perbincangan setelah menyatakan bahwa eks Menteri Sosial (Mensos) Juliari Peter Batubara dan eks Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo, layak dihukum mati.

Hal itu dia ungkapkan dalam Seminar Nasional 'Telaah Kritis terhadap Arah Pembentukan dan Penegakan Hukum di Masa Pandemi', yang berlangsung secara virtual di Yogyakarta, Selasa (15/2/2021).

"Bagi saya, mereka layak dituntut dengan ketentuan Pasal 2 Ayat 2 Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) yang mana pemberatannya sampai pada pidana mati," katanya seperti dikutip dari ANTARA.

Seperti apa sosok Wakil Menteri Hukum dan HAM yang akrab disapa Eddy Hiariej ini? Berikut profil Eddy yang dirangkum IDN Times dari berbagai sumber.

1. Guru besar Ilmu Hukum Pidana di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta

Profil Wamenkumham Edward Hiariej yang Usulkan Hukuman Mati KoruptorANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Profesor Dr. Edward Omar Sharif Hiariej, SH M.Hum merupakan guru besar dalam Ilmu Hukum Pidana di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Eddy lahir pada 10 April 1973 dan sekarang berusia 47 tahun. Dia menempuh Pendidikan di Fakultas Hukum, Universitas Gadjah Mada.

Selama kariernya, Eddy sudah 10 tahun mondar-mandir di pengadilan untuk berbicara dengan para ahli hukum. Gelar professor yang ia dapatkan di usia mudah merupakan suatu pencapaian program doctoral.

Dia juga pernah menjadi Asisten Wakil Rektor Kemahasiswaan UGM periode 2002–2007, dan menyelesaikan draf disertasi pertamanya pada Maret 2008.

Baca Juga: Wamenkumham: Juliari Batubara dan Edhy Prabowo Layak Dihukum Mati

2. Pernah gagal masuk Fakultas Hukum

Profil Wamenkumham Edward Hiariej yang Usulkan Hukuman Mati KoruptorUniversitas Gadjah Mada. IDN Times/Siti Umaiyah

Siapa sangka, seorang Edward Hiariej yang kini menjadi ahli hukum dan lulusan Universitas Gadjah Mada ternyata dulu pernah gagal masuk Fakultas Hukum.

Eddy gagal menjadi mahasiswa Fakultas Hukum setelah lulus SMA pada 1992, karena tidak lolos pada ujian perguruan tinggi negeri (UMPTN) saat itu.

“Saya setahun itu gagal loh masuk Gadjah Mada itu. Jadi tahun 1992 saya tes UMPTN tidak masuk,” ujarnya.

Setelah wisuda sarjana pada 19 November 1998, dia mengikuti tes penerimaan dosen. Saat itu ia memilih menjadi seorang dosen ketimbang jaksa karena dengan begitu ia bisa bebas berinteraksi dengan banyak orang. Pada 6 Desember 1998, dia sudah menjadi asisten dosen hingga SK-nya turun pada 1 Maret 1999.

3. Jokowi lantik 6 menteri dan 5 wakil menteri hasil reshuffle

Profil Wamenkumham Edward Hiariej yang Usulkan Hukuman Mati Koruptor

Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah melantik enam menteri dan lima wakil menteri yang baru di Kabinet Indonesia Maju. Enam menteri dan 5 wakil menteri itu merupakan hasil reshuffle kabinet yang dilakukan Presiden Jokowi pada Desember 2020.

Pelantikan tersebut digelar pada pukul 09.30 WIB, di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (23/12/2020).

Pelantikan enam menteri hari ini berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor Nomor 133/P/2020 tentang Pengisian dan Penggantian Beberapa Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024.

Sementara, pelantikan lima wakil menteri berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor Nomor 76/M/2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024.

Berikut enam menteri baru yang dilantik Jokowi hari ini:

1. Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial
2. Sandiaga Uno sebagai Menparekraf
3. Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan
4. Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama
5. Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan
6. Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan

Berikut lima nama wakil menteri yang dilantik Jokowi hari ini:

1. Letjen TNI Muhammad Herindra sebagai Wakil Menteri Pertahanan
2. Edward Komar Syarif Hiariez sebagai Wakil Menteri Hukum dan HAM
3. Dante Saksono Harbuwono sebagai Wakil Menteri Kesehatan
4. Harfiq Hasnul Qolbi sebagai Wakil Menteri Pertanian
5. Pahala Nugraha Mansyuri sebagai Wakil Menteri BUMN

Baca Juga: [BREAKING] Sah! Jokowi Lantik 6 Menteri Baru Hasil Reshuffle

Topic:

  • Sunariyah
  • Septi Riyani
  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya