Tinjau Banjir Subang-Karawang, Wapres Serahkan Peralatan COVID-19

Berbagai bantuan diserahkan pada korban banjir

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden Maruf Amin dijadwalkan akan meninjau korban lokasi dan korban banjir di Subang dan Karawang Jawa Barat, Sabtu (13/2/2021). Dia berangkat dari kediamannya di Cimanggis, Depok, sekitar pukul 08.00 WIB. 

Titik pertama yang akan menjadi lokasi pertama peninjauan Wapres yakni Kantor Kecamatan Pamanukan, di Jalan Pamanukan, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Kemudian, Maruf akan meninjau lokasi berikutnya di Kantor Desa Karangligar, di Jalan Pertamina 2, Kecamatan Teluk Jambe Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Baca Juga: Warga di Lokasi Banjir Bandang Gunung Mas Bogor Terpapar COVID-19

1. Bantuan dari Presiden diserahkan secara simbolis ke BNPB

Tinjau Banjir Subang-Karawang, Wapres Serahkan Peralatan COVID-19Kepala BNPB Doni Monardo menyerahkan bantuan kepada Gubernur Sulawesi Barat pada Sabtu (16/1/2021) (Dokumentasi BNPB)

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menerima bantuan dari Presiden melalui Wakil Presiden secara simbolis, dan kemudian diserahkan langsung kepada Pemerintah Daerah Subang beserta bantuan dari Kementerian Sosial dan pemerintah pusat untuk korban banjir.

Seperti dilansir ANTARA, bantuan yang diberikan berupa 1.500 paket sembako, 200 paket alat kebersihan yang meliputi ember plastik, gayung, kain lap, sapu lidi bertangkai, pel bertangkai, sikat bertangkai, dan pel dorong bertangkai untuk menjaga kebersihan lokasi pengungsian dan mendukung kemenetrian sosial.

2. Alat pencegahan COVID-19 diserahkan kepada pemerintah Kabupaten Subang

Tinjau Banjir Subang-Karawang, Wapres Serahkan Peralatan COVID-19ANTARA FOTO/Izaac Mulyawan

Selain bantuan sembako dan alat kebersihan, Wapres juga turut memberikan bantuan secara simbolis kepada Pemerintah Kabupaten Subang, yang meliputi menyerahkan 1.000 alat rapid test, 300 ribu masker, 5 ribu sarung dan 1.000 matras.

Bantuan alat tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19 di lokasi pengungsian, sehingga bisa tetap menerapkan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan). BNPB dan Kementerian Sosial mendirikan beberapa tenda yang akan digunakan sebagai dapur umum bagi korban banjir.

3. Penyerahan bantuan ke Kawarang masih dalam penjadwalan

Tinjau Banjir Subang-Karawang, Wapres Serahkan Peralatan COVID-19ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Setelah Wapres melakukan peninjauan di Subang, lokasi peninjauan selanjutnya di pengungsian Kantor Desa Karangligar, di Jalan Pertamina 2, Kecamatan Teluk Jambe Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Kemudian dilanjutkan, penyerahan bantuan secara simbolis dari pemerintah pusat untuk korban banjir di Kabupaten Karawang dan sekitarnya.

Sementara, berdasarkan pantauan di Kantor Kecamatan Pamanukan, telah didirikan sejumlah tenda dari BNPB dan Kementerian Sosial yang berfungsi sebagai dapur umum bagi korban banjir.

Baca Juga: Banjir Kabupaten Subang, Jalan Menuju Pamanukan Lumpuh

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya