Upaya Pertamina dalam Mendukung MotoGP di Mandalika, Bangga!

Apa saja bentuk dukungan Pertamina untuk MotoGP Mandalika?

Setelah 25 tahun, akhirnya Indonesia kembali mendapatkan kesempatan menjadi tuan rumah ajang balap internasional MotoGP. Ajang seri balap MotoGP di Mandalika, Nusa Tenggara Barat kali ini merupakan sebuah kesempatan untuk menunjukkan keunggulan dan daya tarik Indonesia di level internasional.

Demi menyambut kesempatan emas tersebut, berbagai upaya dilakukan oleh berbagai pihak untuk turut berkontribusi, salah satunya adalah Pertamina. 

Salah satu BUMN ini mendukung terselenggaranya MotoGP di Mandalika dengan membangun sirkuit untuk mendukung suksesnya perhelatan internasional tersebut. 

Berikut bentuk dukungan #PertaminaMotoGP di Mandalika secara lengkapnya.

1. Membangun Pertamina Mandalika International Street Circuit

Upaya Pertamina dalam Mendukung MotoGP di Mandalika, Bangga!Pertamina Mandalika International Street Circuit (www.themandalikagp.com)

Dibangun di kawasan wisata Pulau Lombok,  Nusa Tenggara Barat, sirkuit balap bertaraf internasional ini merupakan hasil sinergi dari Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan Pertamina.

Sirkuit dengan lintasan sepanjang 4,31 kilometer dengan 17 tikungan ini juga mendapat julukan resmi Pertamina Mandalika International Street Circuit setelah penandatanganan perjanjian kerja sama hak penamaan yang dilaksanakan pada 7 Oktober 2021 lalu. Melalui perjanjian tersebut, diharapkan dapat mendorong Pertamina semakin dikenal secara Internasional.

Keunikan dari Pertamina Mandalika International Street Circuit ini adalah mempunyai pemandangan indah berupa perbukitan dan pantai sehingga menjadi satu-satunya sirkuit balap yang dibangun di area pariwisata. Ke depannya, sirkuit tersebut juga dapat digunakan untuk mengakomodasi fungsi lain seperti pariwisata dan ajang balap lainnya.

2. Event MotoGP Mandalika mempunyai nama resmi Pertamina Grand Prix of Indonesia 

Upaya Pertamina dalam Mendukung MotoGP di Mandalika, Bangga!event penandatanganan kerja sama dan launch nama event Pertamina Grand Prix of Indonesia (pertamina.com)

Dilansir dari kanal resmi Pertamina, pada 9 Februari 2022 Pertamina telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan Dorna Sport. Penandatanganan kerja sama diwakili oleh Direktur Utama Pertamina dan Managing Director dari Dorna Sport serta disaksikan oleh Menteri BUMN. Nota kesapahaman tersebut menjadikan Pertamina Grand Prix of Indonesia sebagai nama resmi dari ajang bergengsi MotoGP di Mandalika.

Menteri BUMN, Eric Tohir juga menyebutkan bahwa kerja sama dan penamaan resmi even tersebut penting untuk branding nasional yang diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang dipengaruhi oleh multifaktoral.

Di samping itu, exposure global kepada Indonesia menjadi hal penting yang hendak dicapai melalui penandatanganan nota kesepahaman tersebut. 

3. Memberdayakan UMKM lokal untuk mengembangkan bisnis dan bersaing di kancah global

Upaya Pertamina dalam Mendukung MotoGP di Mandalika, Bangga!ilustrasi upah (IDN Times/Arief Rahmat)

Pemberdayaan pelaku UMKM lokal di Lombok juga tidak lepas dari perhatian Pertamina dalam mendukung pengembangan destinasi wisata super prioritas. BUMN terbesar di Indonesia ini telah menyelenggarakan serangkaian pelatihan dan pembinaan kepada UMKM dan mitra binaan di Nusa Tenggara Barat baik secara daring maupun luring.

Bentuk program pelatihan daring salah satunya bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendorong pelaku usaha untuk meningkatkan kemampuan komunikasi bisnis. 

Di samping itu Pertamina juga menyelenggarakan kegiatan ajang temu bisnis antara pelaku UMKM dan usaha jasa seperti hotel. Kurasi komoditas produk lokal juga dilakukan agar produk lokal dapat bersaing di pasar internasional.

Dalam menyambut para pengunjung acara MotoGP sendiri nantinya pelaku UMKM juga akan difasilitasi 50 booth untuk memamerkan produk-produk buatan UMKM lokal. Harapannya, upaya ini mampu menggeliatkan kembali roda perekonomian yang sempat surut di masa pandemi.

 

4. Menyediakan platform bagi masyarakat yang ingin mendapat tiket dan merchandise resmi 

Upaya Pertamina dalam Mendukung MotoGP di Mandalika, Bangga!ilustrasi berbelanja (youtube.com/MyPertamina

Potensi promosi dan pemasaran tiket dan merchandise secara digital juga telah dilakukan oleh Pertamina melalui platform MyPertamina.

MyPertamina adalah aplikasi yang mengintegrasi pembelian produk pertamina dengan sistem pembayaran digital. Aplikasi tersebut dapat digunakan oleh pengguna smartphone dengan mengunduhnya melalui toko aplikasi. Sebagaimana dilansir dari Pertamina Patra Niaga, tiket yang dijual antara lain tiket Deluxe Class, Festival General Admission, Standard Grandstand dan Premium Grandstand. 

Tidak hanya itu, merchandise resmi Pertamina Grand Prix of Indonesia juga akan dipasarkan melalui platform digital MyPertamina.

Sementara untuk offline, para penggemar MotoGP juga dapat mendapatkan merchandise resmi dari outlet-outlet resmi yang tersedia di berbagai daerah.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai di mana saja outlet yang menyediakan suvenir resmi, bisa mengunjungi website MyPertamina.

 

5. Meningkatkan daya tarik spot wisata melalui kerja sama dengan seniman lokal

Upaya Pertamina dalam Mendukung MotoGP di Mandalika, Bangga!karya seni mural di Mandalika tunnel Art (youtube.com/IDN Times

Sektor pariwisata di Nusa Tenggara Barat tentunya harus siap menyambut para wisatawan yang nantinya berbondong-bondong berkunjung.

Meskipun keindahan Pulau Lombok tidak perlu diragukan lagi, berbagai spot di sirkuit dipoles sedemikian rupa agar pengunjung bisa lebih betah menghabiskan waktu di kawasan ini. Salah satunya adalah Mandalika Art Tunnel.

Spot ini merupakan karya seni mural hasil karya para seniman lokal di Lombok yang menghiasi terowongan di Pertamina Mandalika International Street Circuit. Dengan terlibatnya tenaga kerja lokal ini, diharapkan akan meningkatkan ekonomi warga lokal sekaligus pariwisata Lombok hingga 19%. Ini tentunya menjadi angin segar bagi masyarakat sekitar untuk kembali bangkit dari kelesuan ekonomo selama pandemi. 

Berbagai hal yang telah dicapai Pertamina di atas tentunya juga mendorong semangat kita untuk turut menyukseskan gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia. Ajang berskala internasional ini merupakan simbol sebuah semangat baru Indonesia, sebagaimana jargon atau tagline yang diusung #EnergiUntukMelesatBebas.

Yuk turut semarakkan ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia!

 

Hanifah Nd Photo Verified Writer Hanifah Nd

In the journey of finding Y

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya