Airlangga: RI Top 5 Negara Terbaik dalam Tangani COVID-19 dan Ekonomi

Indonesia cuma kalah dari Tiongkok, Korsel, Lithuania

Jakarta, IDN Times - Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Airlangga Hartarto, mengklaim Indonesia berada di posisi lima negara teratas yang berhasil menangani kasus COVID-19 dengan diiringi pemulihan kontraksi ekonomi.

"Kita masuk top 5 yang bisa tangani berimbang antara COVID maupun pelunakan atau penurunan kontraksi ekonomi," kata Airlangga dalam konferensi pers, Senin (12/10/2020).

Airlangga menyebut dari segi penanganan kesehatan dan kinerja ekonomi, Indonesia hanya kalah dari Tiongkok, Taiwan, Korsel dan Lithuania.

1. Indikator keberhasilan Indonesia

Airlangga: RI Top 5 Negara Terbaik dalam Tangani COVID-19 dan EkonomiPresiden Joko Widodo tiba di PT Bio Farma (Persero) Bandung untuk meninjau fasilitas produksi dan pengemasan Vaksin COVID-19, Selasa (11/8/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Keberhasilan itu, kata Airlangga mengacu pada beberapa faktor. Pertama adalah tingkat kesembuhan mencapai di Indonesia mencapai 76,48 persen. Sementara global adalah 75,03 persen.

Kedua, dari sisi ekonomi, Indonesia termasuk negara yang bisa menangani perlambatan ekonomi dengan baik. Ia menyebut kontraksi ekonomi relatif lebih rendah dibandingkan negara lain.

Baca Juga: Ekonomi Diprediksi Minus 2 Persen, Tes COVID Disebut Kunci Pemulihan

2. Hasilnya akan terlihat di akhir tahun

Airlangga: RI Top 5 Negara Terbaik dalam Tangani COVID-19 dan EkonomiIlustrasi perekonomian Indonesia (IDN Times/Arief Rahmat)

Airlangga berharap hingga akhir tahun ini, pertumbuhan ekonomi akan terus membaik dengan perkiraan minus satu persen hingga plus 0,6 persen. Dengan Purchasing Managers' Index atau PMI Indonesia yang makin membaik, Airlangga optimistis perekonomian Indonesia bisa membaik meski sempat turun karena PSBB DKI Jakarta.

"Kita lihat recovery dari PMI meski naik turun sedikit karena PSBB kemarin naik di atas 50, begitu ada PSBB turun lagi 48 tapi hari ini DKI PSBB transisi. Karena PMI confident dari pabrik manajer jadi confident akan lebih tinggi," katanya.

3. Strategi tekan kontraksi ekonomi

Airlangga: RI Top 5 Negara Terbaik dalam Tangani COVID-19 dan EkonomiIlustrasi anggaran. IDN Times/Arief Rahmat

Menurutnya, Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) menjadi senjata andalan pemerintah dalam menekan kontraksi ekonomi Indonesia. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini menyebut hingga saat ini, realisasi anggaran program PEN terus meningkat. Per 7 Oktober 2020 tercatat di angka Rp331,94 triliun, atau 47,75 persen dari total pagu Rp695,2 triliun.

Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan COVID-19, menggelar kampanye 3M: Gunakan Masker, Menghindari Kerumunan, atau jaga jarak fisik dan rajin Mencuci tangan dengan air sabun yang mengalir. Jika protokol kesehatan ini dilakukan dengan disiplin, diharapkan dapat memutus mata rantai penularan virus. Menjalankan gaya hidup 3M, akan melindungi diri sendiri dan orang di sekitar kita. Ikuti informasi penting dan terkini soal COVID-19 di situs covid19.go.id dan IDN Times.

Baca Juga: Jokowi Klaim Kasus Aktif COVID-19 RI Lebih Baik dari Dunia

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya